4 Keuntungan Memiliki Website untuk Usaha Kecil

0
37

Bahkan banyak pemuda dan pengusaha teknologi Indonesia membuat komunitas yang bekerja untuk membantu UKM memperkenalkan produk mereka agar lebih dikenal banyak orang bahkan bisa diketahui oleh dunia. Setiap peluncuran produk baru bila dimulai dengan situs webs kecil. BIsa dipastika akan menarik ribuan pelanggan potensial apalagi produk anda mengagumkan.

Jika anda tidak memiliki situs bisnis kecil anda, jangan heran bila pesaing anda sudah mendapatkan keuntungan lebih besar daripada anda hanya dengan memiliki sebuah site untuk usaha kecil mereka. Anda perlu memahami pentingnya pertumbuhan online untuk meningkatkan penjualan bisnis kecil anda.

Apakah anda memiliki website untuk bisnis anda? Jika jawabannya tidak. Artinya anda tidak berpikir untuk membersarkan usaha anda. Sekarang saatnya untuk berpikir memiliki sebuah situs kecil. Banyak usaha skala kecil dan menengah menginvestasian banyak waktu dan luang untuk memiliki website yang sempurna. Dan semua itu dilakukan karena suatu alasan yang kuat. (Baca Juga : 7 Hal Yang Tidak Boleh dilakukan Pemilik Bisnis)

Jadi, apakah memiliki situs web benar-benar membantu dalam mempromosikan bisnis anda? Jawabannya cukup sederhana. Tidak perlu membuka kamus, contoh-contoh soal CPNS atau lainnya. “IYA” Melalui kemajuan informasi teknologi, sekarang anda dapat mengiklankan bisnis anda di seluruh dunia dan hadir dimana-mana. Mengapa usaha kecil membutuhkan sebuah site?

Ini adalah pertanyaan umum kebanyakan orang. Mereka bertanya. Mengapa saya perlu sebuah website untuk bisnis kecil? Tidak perduli apakah anda menjalankan bisnis kecil atau besar, sangat direkomendasikan harus mempunyai situs web untuk tumbuh besar dan menjangkau khalayak yang lebih luas secara online dalam meningkatka penjualan anda.

Berikut beberapa situs yang perlu anda ketahui sebelum membangun situs web pertama anda untuk usaha kecil.

  1. Pastikan anda memilih domain yang cocok dan sesuai dengan binis kecil anda.
  2. Investasikan uang pada desain situs. Membuatnya terlihat menarik. Membuatnya unik dan mudah menarik perhatian pengunjung.
  3. Jangan gunakan layanan web hosting gratis atau yang sangat murah. Karena itu akan membuat loading lambat dan pembaca tidak suka menunggu.
  4. Menggunakan media sosial secara efektif. Mungkin pelanggan ideal anda menggunakan sosial media seperti facebook, twitter, Instagram dll. Luangkan waktu anda secara efektif dan mempromosikan untuk mencapai pelanggan lebih banyak (Baca Juga : 3 Tips Marketing Menggunakan Jejaring Sosial)
  5. Mengetahuit tujuan situs bisnis kecil anda. Tahu tujuan anda, cari tahu target pengunjung anda. Jangan meluncurkan situs hanya karena semua orang melakukannya.

 


Manfaat Memiliki website untuk bisnis kecil

 

 
Sekali lagi. Apakah bisnis kecil memerlukan situs? pertanyaan yang sama dan jawabannya pun sama. Ada ribuan alasan untuk memulai sebuah site web untk mengembangkan usaha anda. Disini beberapa alasan kuat mengapa anda harus membutuhkannya.

1. Memperluas bisnis anda ke dunia baru

 

 
Setuju atau tidak, kehadiran online meningkatkan jangkauan anda. Usaha anda yang hanya dikenal oleh masyarakat dikotamu, bisa dikenal dan dibeli oleh mereka. Karena apa ?

Iya, jika anda memiliki cukup dana. Lebih baik mempekerjakan profesional yang tepat mendesain web bisnis kecil anda. Anda pasti akan mendapatkan banyak trafik, sehingga lebih dikenal banyak orang.

Sekarang banyak profesional yang memiliki pekerjaan khuss dalam SEO (Search Engine Optimization) dan dapat membantu anda dalam mendapatkan posisi teratas dalam hasil pencarian.

Anda juga memiliki pilihan untuk memilih daerah dimana anda ingin bisnis itu berkembang. Tapi bila seandainya pun anda ingin belajar sendiri tentang SEO, banyak bertaburan di dunia maya berupa blogger yang memberikan tips dan trik SEO. SEO sangat penting untuk meningkatkan trafik organik dari mesin pencari. Tanpa ada trafik dari mesin pencari raksasa seperti Google, Yahoo dll anda tidak bisa meningkatkan penjualan anda.

2. Membantu Anda Menjangkau Massa

 

 
Para Profesional secara teratur meng-upgrade website anda membuat user friendli dan memasukkan aksesoris tambahan seperti logo 2D dan 3 D, animasi flash, grafis, audio dan video streaming dll. Mereka akan melakukan sebaik mungkin untuk membuat yang melihat terkesan.

Memiliki sebuah situs yang memberikan tampilan profesional akan menambah nilai dan reputasi bisnis anda.

3. Menyediakan Platform Global

 

 
Jika point kedua sudah anda laksanakan dengan baik, oran-orang akan membantu mempromosikan anda di forum lain, seperti situs media sosial. Itu akan lebih mudah meningkatkan popularitas anda tidak hanya didaerah anda. Jadi fokus pada penyediaan platform yang mudah sehingga orang-orang tidak sulit menggunakannya. Seperti membuat situs web tersedia dalam dua bahasa. Sisten pembayarannya tidak rumit dan dilakukan oleh siapapun.

4. Anda Dapat memiliki semuanya dalam satu tempat

 
Website anda adalah untuk penjualan yang kapan saja harus siap menghadapi pelanggan. Selain itu anda juga bisa mempromosikan produk atau jasa baru, mengumumkan perkembangan baru  hanya dari satu tempat. Satu tempat untuk jualan, promosi, commentar , pembayaran dan lain-lain.

Diluar dari strategi promosi anda, memiliki situs web untuk bisnis kecil akan membantu anda tumbuh tidak hanya jangankauan pada produk, tetapi juga membantu meningkatkan pendapatan secara keseluruhan setiap bulan. Anda perlu menciptakan sebuah “merek” untuk bisnis anda agar dapat bertahan hidup dipasar online yang ramai dan penuh persaingan. Tentukan pengguna/ pelanggan anda dan fokus pada pesaing dan mulai mempromosikan produk yang dapat memecahkan masalah pelanggan.

Orang lebih mengandalkan mencari di internet untuk produk bukan lagi hal yang baru jaman sekarang. Orang-orang lebih memilih duduk dirumah dan memilih produk serta layanan yang ditawarkan setiap situs web bisnis. Jadi kembali lagi ke point menggunakan desain web profesional sangatlah penting agar pelanggan merasa lebih mudah dan tidak bingung belanja di situs anda.

Jika anda sudah memutuskan untuk meluncurkan website, pastikan menggunakan platform dan yang lebih baik sesuai kebutuhan anda.Pilihlah penyedia hosting yang rekomendasikan banyak orang.