Jamu, si kuno yang berkhasiat

0
48

 

TANAH BUMBU,Balarindangnews.com – Jamu memang sudah tak asing lagi bagi orang indonesia.Selain dipercaya memiliki banyak khasiat,ternyata jamu tidak hanya dikenal dengan rasa pahit dan getir,terbukti adanya jamu Kunyit asam sirih yang banyak diminati karena rasanya yang enak dan menyegarkan.

Jenis minuman yang terdiri dari bahan alami berupa bagian tumbuhan seperti akar (rimpang),batang,daun,buah dan kulit pohon ini sebenarnya bukanlah obat herbal asli indonesia yang dapat menyembuhkan,akan tetapi fungsi yang sesungguhnya adalah sebagai pencegah penyakit.

Fungsi jamu sebagai pencegah penyakit karena bermanfaat menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Jamu kunyit asam sirih yang hits di kalangan wanita ini terdiri dari campuran kunyit (curcuma domestica rhizoma), asam jawa (tamarindus indica) serta tambahan daun sirih (piper betle)

Jamu ini dikonsumsi karena dipercaya memiliki khasiat menyegarkan tubuh terutama pada saat datang bulan bagi wanita.Selain dari pada itu jamu ini diyakini pula untuk mengobati sariawan dan panas dalam.

Rajin minum jamu ini bisa menghilangkan bau anyir pada darah menstruasi serta dapat pula mengurangi bau badan yang tidak sedap.

Jadi tak perlu diragukan lagi bila jamu tradisional buatan sendiri dan terkesan kuno ternyata tak kalah efektif manfaatnya dibandingkan produk produk modern yang dijual dipasaran.(JH/ES)