Jembatan Senilai 22 M, Diresmikan

0
6

Bupati Tanah Bumbu, Mardani H. Maming meresmikan Jembatan di Desa Tapus, Kec. Kusan Hulu ( Foto : JH) 

Tanah Bumbu, Balarindangnews.com – Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming baru baru ini meresmikan dua jembatan dilokasi yang berbeda. Peresmian jembatan pertama di Desa Tapus, Kec. Kusan Hulu, hari ini, selasa, 17/3 dan peresmian kedua di Desa Sellaselilau, Kec. Karang Bintang di hari berikutnya.

 

Jembatan yang diresmikan ini merupakan hasil kinerja Dinas Pekerjaan Umum Kab. Tanah Bumbu yang pengerjaannya sudah berlangsung sejak september 2013 dan telah rampung seluruhnya pada akhir 2014 lalu, dengan proses pengerjaan selama 390 hari kalender. Saat inipun jembatan juga telah mulai digunakan untuk berbagai aktifitas masyarakat.

Mardani H. Maming terjun langsung untuk meninjau kelayakan dan kualitas jembatan di Desa Tapus. ( Foto : JH) 

 

Jembatan dengan kontruksi rangka baja kelas B  dengan biaya kurang lebih sekitar 22 M menggunakan anggaran APBD. Dengan rincian penggunaan yaitu 9, 5 M untuk jembatan dengan bentang 50 m dan  lebar 7 m  di Desa Tapus  serta sekitar 11,6 M untuk jembatan dengan bentang 60 m dan lebar 7 m di Desa Sellaselilau.

Pembuatan jembatan ini merupakan penerapan dari program kerja Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum ( DPU) Kabupaten Tanah Bumbu sebagai wujud konsistensinya dalam menjalankan tugas.

Dalam peresmian, Bupati Kab. Tanah Bumbu, Mardani H. Maming menghimbau ” dengan adanya jembatan ini akses hukum dapat teratasi, seperti jika ada perkelahian atau penertiban lingkungan lebih mudah di jangkau, ” katanya.

Hal itu menunjukan bahwa pembangunan jembatan juga mengutamakan pelayanan hukum, yaitu dengan mempermudah instansi hukum menuju daerah daerah terpencil pada saat terjadinya segala bentuk kriminalitas.

Mardani menambahkan, ” dengan dibangunnya jembatan untuk mempermudah akses jalan desa menuju kota, sehingga para petani di desa setempat lebih mudah memasarkan hasil pertanianya. Selain itu, kedepannya akan ada program program berikutnya, baik jalan dan jembatan, dan fasilitas yang dibutuhkan masyarakat yang akan direalisasikan di tahun 2016.” papar Bupati

Dengan dibangunnya jembatan, membuktikan bahwa roda pembangunan infrastruktur yang menghubungkan akses jalan desa ke kota terealisasi, dan hal ini menunjukan hasil kerja Pemerintah Daerah saat ini. Akankah di tahun berikutnya bila Mardani menjabat menjadi Bupati lagi, hal itu dapat di wujudkan seperti apa yang telah disampaikannya, kita tunggu saja. ( ES/JH)