8 Desa Terima Bantuan Alat Pemotong Padi

    0
    43

    Sekda Tanbu Drs. Said Akhmad memberikan bantuan secara simbolis kepada salah satu Anggota Gapoktan berupa Alat Pemotong Padi. ( FOTO : wing/hum ) 

    BATULICIN, BalarindangNews.com –Sejumlah gabungan kelompok tani (Gapoktan) tanah bumbu, senin (7/9) kemarin menerima delapan unit alat pertanian berupa mesin pemotong padi yang diserahkan oleh Dinas Perternakan dan Tanaman Pangan (Distanpangan) Kab Tanah Bumbu, Mesin alat pemotong padi ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat yang bersumber dari dana APBN Tahun 2015. 

     

    Bantuan berupa mesin pemotong ini diserahkan secara simbolis oleh Drs, Said Ahmad selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu didampingi Drs.Abdul Karim selaku Kadistanpangan. Acara seremonial ini juga dihadiri Letkol Inf  Mustaqim selaku Komandan Kodim 1022/Tnb, dan undangan. Pemberian alat pemotong padi yang diidam-idamkan oleh petani kini terwujudkan dengan kehadiran Combine Harvester Crow di desa masing-masing. 

     

    Delapan unit alat pemotong padi ini diberikan disetiap desa, masing-masing Gapoktan  Bina Bersama  desa Api-api Kecamatan Kusan Hilir, Gapoktan Sinar Tani Desa Barugelang Kecamatan Kusan Hilir, Gapoktan Karya Bersama Desa Karya Bhakti Kecamatan Kusan Hilir, Gapoktan Bina Bersama Kelurahan Gunung Tinggi Kecamatan Batulicin, Gapoktan Sinar Kusan Desa Anjir Baru Kecamatan Kusan Hulu, Gapoktan Sehati Desa Kersik Putih Kecamatan Batulicin, Gapoktan Masyarakat Bersatu Desa Sumber Baru Kecamatan Angsana, Gapoktan Putera Kusan Desa Binawara Kecamatan Kusan Hulu.

     

    Disela-sela acara penyerahan bantuan alat pemotong padi untuk gapoktan Tanah Bumbu, Kadistanpangan mengingatkan kepada gapoktan,”agar dalam penggunaannya tidak dikuasai secara pribadi, dan setiap anggota  punya hak yang sama untuk menggunakan dan memanfaatkannya,” tegas Abdul Karim.

     

    Hal senada juga disampaikan Sekda Tanbu, “saya tidak ingin alat tersebut dikuasai secara pribadi, yang lebih penting lagi adalah memilihara mesin tersebut dan bagaimana cara mengoperasionalkan yang benar dan pemeliharaannya, sehingga diharapkan semua anggota Gapoktan penerima bantuan harus bersama sama pula dalam memeliharanya,” kata Said Ahmad

     

    Pemerintah mengharapkan dengan disalurkan bantuan alat pertanian ini akan memberikan dampak positif   dalam mempercepat  produksi  pertanian  menuju pencapaian swasembada beras di Kabupaten Tanah Bumbu yang lebih baik lagi.*(JH/hum)