Tanbu Tingkatkan Profesionalisme PNS

    0
    37

    M. Arliyan Syahrial selaku Kepala Bagian Organisasi Setda Kab. HSS dan Slamet Rusdiansyah selaku Kasubag Analisis Formasi Jabatan Kab. HSS menjadi narasumber Bimtek Evaluasi Jabatan PNS Tanbu. ( FOTO : dd/hum) 

    BATULICIN, BalarindangNews.com – Bagian Organisasi Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu ( Pemkab Tanbu ) melaksanakan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) evaluasi jabatan pegawai guna meningkatan kualitas kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang lebih profesional, Selasa(8/9) kemarin, di Gedung Mahligai Bersujud, Kapet Batulicin. Hal ini merupakan bagian penting dari proses manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mengukur bobot jabatan sekaligus menghasilkan nilai dan kelas jabatan yang sesuai dalam sistem aparatur pemerintahan.

    M. Arliyan Syahrial selaku Kepala Bagian Organisasi Setda Kab. HSS dan Slamet Rusdianyah selaku Kasubag Analisis Formasi Jabatan Kab. HSS hadir sebagai narasumber dalam pelaksanaan Bimtek  yang diikuti peserta dari seluruh instansi Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD), dasar materi yang disampaikan adalah Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 34 Tahun 2011 Tentang Pedoman Evaluasi Jabatan. Dengan membahas tata cara evaluasi jabatan yang menggunakan metode Faktor Evaluasi Sistem (FES). FES terdiri dari ruang lingkup dan dampak program, pengaturan organisasi, wewenang penyeliaan dan manajerial, hubungan personal, serta tingkat kesulitan dalam pengarahan pekerjaan serta  kondisi lain. Dengan tujuan untuk menentukan nilai dan kelas jabatan, hasil evaluasi jabatan yang berupa nilai dan kelas jabatan digunakan dalam program kepegawaian seperti penyusunan formasi, sistem karir, kinerja, pemberian tunjangan serta sistem penggajian, selain itu nilai dan kelas suatu jabatan, nantinya akan digunakan untuk menentukan besaran gaji secara adil, layak, dan selaras sesuai beban kerja dan tanggung jawab jabatan.


    Selaras dengan hal tersebut, M. Yusri selaku Kepala Bagian Organisasi melalui Abdul Malik selaku Kepala Sub Bagian Analisis Formasi Jabatan mengatakan, “nilai dan kelas jabatan nantinya digunakan dalam program kepegawaian seperti penyusunan formasi, sistem karir, kinerja, pemberian tunjangan serta sistem penggajian sesuai jabatan,” kata Abdul Malik

     

    Oleh karenanya penyusunan nilai dan kelas suatu jabatan ini sangat penting untuk dilaksanakan karena kedepannya sistem penggajian pegawai negeri didasarkan pada tiga komponen, yaitu gaji pokok, tunjangan kerja dan tunjangan kemahalan sehingga setiap pegawai negeri akan mendapatkan besaran gaji yang berbeda.

     

    Sementara itu dalam acara yang sama, Mardani H Maming selaku Bupati Tanah Bumbu melalui Bakhriansyah selaku Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik mengatakan, “ pelaksanaan Bimtek dilakukan agar pegawai negeri di Tanbu dapat menjalankan tugasnya secara profesional sehingga pelayanan publik dapat berjalan lebih maksimal sesuai tugas dan jabatan yang diemban,” tegas Bakhriansyah.

     

    Dengan demikian peningkatan kualitas SDM yang dihasilkan dari pelaksanaan Bimtek serta penerapan tiga prinsip penting dalam hal pekerjaan yang berupa komukasi, koordinasi, dan implementasi diharapkan akan mewujudkan terciptanya PNS yang profesional sehingga berdampak pada pemerintahan yang lebih baik dan bersih dari KKN  . *(JH/relhum)