Sekda Tanbu Sambut Anggota DPRD Kab Banjar

    0
    8

    Drs. Said Akhmad mewakili Pemkab. Tanbu memberikan cendera mata kepada  Rombongan anggota DPRD komisi IV kabupatan Banjar. ( FOTO : rwin/hum ) 

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Rombongan anggota DPRD komisi IV kabupatan Banjar datang ke Tanah Bumbu disambut oleh Seketaris Daeraha Drs.Said Ahmad, jumat (11/9) kemarin, diruang rapat Setda Tanbu. Kedatangan anggota DPRD kab Banjar ini dalam rangka Study Banding tentang mekanisme penyaluran bantuan sosial atau Bansos.

     

    Sekda yang didampingi Kabag Kesra Hj. Noryana, S.Sos, MM serta beberapa pejabat jajaran Pemkab Tanbu menyambut baik kedatangan rombongan, yang bermaksud ingin menggali lebih jauh tentang mekanisme penyaluran bansos bagi kepentingan  masyarakat, yang mana  kedepannya bisa dijadikan sebuah  rumusan kebijakan yang akan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Banjar

     

    Dalam pertemuan tersebut Drs. Said Akhmad mengatakan,” bentuk hibah maupun bansos, tetap dilakukan verikasi sebelum disalurkan dengan didasari  pada kriteria yang sudah ditentukan, sehingga penyaluran akan  tepat pada sasaran tanpa disalahgunakan oleh  pihak yang tidak bertanggung jawab,” paparnya.

     

    Hal itu dikarenakan Pemkab Tanbu sudah memiliki administrasi terbaik dari BPK  dalam proses  hibah maupun Bansos yang akan diberikan kepada organisasi ataupun masyarakat. Proses administrasi dalam pemberian tersebut dilakukan sesuai aturan, yakni melalui berbagai verifikasi  yang dilakukan oleh tim terkait. Selain itu pemerintah daerah selalu mengakomodir segala apa yang menjadi permohonan  masyarakat maupun organisasi, yang sesuai dengan  kriteria yang ditentukan maupun ketersediaan anggaran.

     

    Sekda menambahkan, “permohonan yang diajukan tahun ini maka pihak tim akan melakukan pengkajian serta merumuskan penganggarannya, kemudian pemberian akan dilakukan tahun berikutnya,”  kata Said Akhmad.

     

    Sementara itu untuk strategi pemberian bansos maupun hibah dan pengawasan, selalu berpijak  pada peraturan Bupati (Perbup) sebagaimana yang sudah diatur didalamnya. Dalam Perbup tersebut memuat adanya  pembentukan tim hibah Bansos Kabupaten Tanah Bumbu. Tim terdiri dari beberapa Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD)  terkait untuk melakukan beberapa bagian tugas. Tugas tugas tersebut diantaranya pengawasan hibah maupun Bansos, melakukan verifikasi dan monitoring, serta melakukan evaluasi administrasi.

     

    Sementara itu sasaran hibah maupun bantuan sosial yang sudah terealisasi antara lain, sarana pendukung kegiatan keagamaan melalui kegiatan majelis Ta’lim, pemberian bantuan sekolah swasta, pemberian gajih kepada guru ngaji yang sudah terdata, kemudian  hibah berupa hand traktor kepada kelompok Tani di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.*(JH/hum)