Berpedoman Pancasila Untuk Menghindari Korupsi

    0
    15

    Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Drs. H. Idjra’i saat memimpin upacara dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Kantor Bupati. ( FOTO : wing/hum)

     

    BATULICIN, BalarindangNews.com – Kurangnya pengertian serta pemahaman nilai nilai Pancasila  sebagai falsafah negara serta  haluan dalam membentuk kepribadian Bangsa Indonesia mengakibatkan makin maraknya tindakan korupsi melalui penyalahgunaan wewenang. Guna mengantisipasi hal itu, Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Drs. H. Idjra’i mengajak seluruh aparatur Pemerintah Daerah untuk tetap bekerja secara profesional dengan menjadikan Pancasila sebagai  pedoman dalam membentuk mental dan kepribadian, “jadikan Pancasila sebagai  pedoman dalam membentuk mental dan kepribadian aparatur, sehingga perbuatan korupsi dan penyalahgunaan wewenang dapat dihindari,” kata Idjra’i saat memimpin upacara dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Kantor Bupati, Kamis (1/10) pagi tadi.

     

    Dalam upacara yang dihadiri seluruh unsur Staf dan Pejabat di jajaran Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, serta unsur TNI dan Polri tersebut,  Drs. H. Idjra’i menegaskan bahwa perilaku korupsi akan mempengaruhi tatanan moral yang sudah tersistematis dalam penyelenggaraan pemerintahan yang pada gilirannya akan  menumbuhkan preseden buruk dimata masyarakat.

     

    Hal itu jelas telah merugikan negara sekaligus merugikan masyarakat, dengan demikian kondisi ini tidak bisa biarkan, perlu adanya kesadaran secara kolektif untuk mengabaikan sikap yang lebih mementingkan kelompok, tetap mengedepankan rasa keadilan agar tindakan tersebut tidak menjadi budaya yang bertentangan dengan Pancasila.

     

    Drs. H. Idjra’i menambahkan, “kita semua baik aparatur pemerintah dan masyarakat harus mengabaikan sikap yang lebih mementingkan kelompok, tetap mengedepankan rasa keadilan kepada pihak manapun,” terangnya. *(JH/hum)