Lagi, Kab Tanah Bumbu Raih WTP 2014

    0
    5

    Penjabat Bupati Tanbu, Drs. H. Wahyuddin, M. AP menerima piagam penghargaan dari Menteri Keuangan, Bambang P. S Brodjonegoro pada saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2015. ( FOTO : dd/hum )

     

    JAKARTA-BalarindangNews.com-Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu), memberikan penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu), atas keberhasilannya  dalam menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2014. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Keuangan, Bambang P. S Brodjonegoro kepada Penjabat (Pj) Bupati Tanbu, Drs. H.Wahyuddin,MAP, saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2015, di Jakarta, Jumat (2/10/) kemarin.

     

    Penghargaan itu merupakan penghargaan WTP kedua kalinya yang diterima oleh Pemkab Tanbu, sebab penghargaan yang sama sebelumnya juga diperoleh atas keberhasilnya menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2013. Penjabat Bupati Tanbu telah menyambut gembira atas prestasi WTP yang diraih pemerintah daerah selama dua tahun berturut-turut. Penghargaan itu menjadi bukti keseriusan pemerintah daerah dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik bagi masyarakat, “ini menjadi bukti upaya kerja keras yang dilakukan seluruh jajaran SKPD dalam mewujudkan sistem tata kelola keuangan yang lebih baik, dan tidak dapat terwujud tanpa adanya komitmen dari Kepala Daerah dan jajaran SKPD” ucap Wahyuddin Pj Bupati Tanbu.

     

    Penjabat Bupati Tanah Bumbu Drs. H. Wahyuddin, M.AP (baris kedua dari kiri) foto bersama setelah menerima Piagam Penghargaan dari Menteri Keuangan RI. ( FOTO : dd/hum )

     

    Wahyuddin berharap, jajaran Pemkab Tanbu kedepannya juga harus mampu mempertahankan prestasi terbaik yang diraihnya tersebut. Namun yang tidak kalah penting  adalah bagaimana mengupayakan agar penghargaan tersebut dapat dijadikan motivasi dan spirit kita semua agar lebih meningkatkan kinerja yang maksimal dalam hal memberikan pelayan publik sehingga berdampak nyata terhadap peningkatan kualitas dan kuantitas kesejahteraan masyarakat Tanah Bumbu, “peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat adalah sangat penting, mari kita menjadikan penghargaan ini sebagai dasar motivasi kita semua dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” tambah Wahyuddin.

     

    Sementara itu Presiden RI,  Joko Widodo dalam sambutannya yang dibacakan oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, mengatakan turut menyambut baik atas dilaksanakannya Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2015. Pelaksanaan Rakernas dianggap sebagai bentuk langkah nyata bagi pemerintah dalam memelihara dan meningkatkan komitmen bersama  sekaligus menumbuhkan sinergisitas para pengelola keuangan negara baik di lingkungan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, “sebab sistem pengelolaan keuangan negara yang baik adalah unsur yang utama dalam mencapai tujuan tata kelola pemerintahan yang baik,” kata Darmin Nasution.

     

    Dalam acara Rakernas yang juga dihadiri oleh Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro, para Esselon I dan II dari sejumlah kementerian serta sejumlah Gubernur, Bupati dan Walikota tersebut. Menurutnya, besaran nilai APBN yang kini semakin meningkat dari tahun ke tahun telah  menuntut pengelolaan sistem keuangan yang baik, tertib, dan berorientasi kepada hasil. Oleh sebab itu, sebagai penyelenggara negara pemerintah juga harus dapat melakukan penyusunan laporan keuangan pemerintah yang lebih berkualitas dan tepat waktu. Darmin pun mengapresiasi  terhadap lembaga Kementerian, Lembaga Negara, dan sejumlah Pemerintah Daerah lain yang juga berhasil meraih opini terbaik.

     

    Seiring berlangsungnya Rakernas tahun 2015 yang bertema Impelementasi Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual : Era Baru Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Indonesia prestasi opini WTP dianggap sangat relevan untuk membangun semangat bersama, dalam merumuskan strategi mencapai laporan keuangan dengan kualitas terbaik di era baru, pelaporan keuangan pemerintahan berbasis akrual. “hendaknya prestasi itu dapat dipertahankan pada tahun-tahun mendatang oleh setiap daerah,” pinta Darmin. *(JH/relhum)