Donor Darah Digelar Menyambut HUT PMI ke-70

    0
    29

    Jajaran Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, unsur TNI dan POLRI turut menyumbangkan darah dalam kegiatan donor darah yang digelar oleh PMI Cabang Tanah Bumbu. ( FOTO : wing/hum )

     

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Momentum 70 tahun merupakan usia yang sudah matang bagi PMI ( Palang Merah Indonesia ) dalam menghadapi berbagai bencana hingga konflik sosial, untuk itu kegiatan kemanusian terus digelar untuk meringankan penderitaan masyarakat, salah satunya kegiatan donor darah yang dilakukan oleh PMI cabang Tanah Bumbu, Senin (5/10) kemarin, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Abdurahman Noor Batulicin yang bertujuan untuk mengantisipasi kurangnya ketersediaan stok darah.

     

    Dalam acara yang diikuti jajaran Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, unsur TNI dan POLRI tersebut ditargetkan dapat tersedia ratusan kantong darah untuk memenuhi kebutuhan pasien, mengingat pada tiap bulannya rumah sakit sangat membutuhkan ketersediaan darah sekitar 200 kantong lebih. Ketua PMI Cabang Kabupaten Tanah Bumbu Drs. Gusti Hidayat mengatakan, “ditargetkan sekitar 250 kantong darah dalam kegiatan donor darah ini sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasien dari ketersediaan darah,” ujarnya.

     

    Sementara itu persoalan lain muncul akibat ketersediaan  yang ada dirumah sakit  lebih banyak darah yang bergolongan O, sedangkan pasien yang membutuhkan lebih banyak golongan darah A atau  AB. Untuk memenuhi hal tersebut Ketua PMI Cabang Tanbu menghimbau kepada semua lapisan masyarakat, “bagi yang memiliki golongan darah A atau AB agar kiranya bersedia secara suka rela menyumbangkan darahnya ke PMI setempat,” kata Gusti Hidayat.

      

    Dengan demikian kurangnya ketersediaan stok darah selain golongan darah O juga dapat terpenuhi, sehingga masalah komplek yang timbul akibat tidak tersediannya darah bagi pasien dapat diminimalisir. *(JH/hum)