Tanah Bumbu Panen Raya Dimusim Kemarau

    0
    4

    Pj Bupati Tanbu Drs. H. Wahyuddin, M.AP saat panen raya padi di Desa Salimuran Kec. Kusan Hilir. ( FOTO : dd/hum )

     

    KUSAN HILIR, BalarindangNews.com– Disaat kekeringan melanda sebagian besar wilayah Indonesia, sejumlah petani di Desa Salimuran Kec Kusan Hilir Kab Tanah Bumbu, Kamis (15/10) kemarin justru panen raya. Pejabat (Pj) Bupati Tanbu Drs. H. Wahyuddin, M.Ap merasa bersyukur, ditengah musim kemarau namun Tanah Bumbu berhasil panen raya padi yang luas lahannya mencapai 438 ha, “ini wajib kita syukuri, disaat musim kekeringan, petani di Tanah Bumbu saat ini justru bisa panen,” katanya.

     

    Panen raya ditandai dengan pemotongan padi secara simbolis oleh Pj Bupati bersama Komandan Kodim 1022/Tanah Bumbu, Letnan Kolonel Infanteri Mustakim. Dilaksanakannya panen raya di kawasan Desa Salimuran ini merupakan sebuah keberhasilan bersama antara pemerintah daerah dan kelompok tani setempat. Selain itu panen raya ini menjadi fenomena yang menarik, di mana kecamatan lain di Tanah Bumbu mengalami kekeringan dan kesulitan air, namun Petani Kusan Hilir malah panen raya padi sawah.

     

    Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanpanak) Kab Tanah Bumbu, Abdul Karim menyampaikan jika sebagian petani di Kecamatan Kusan Hilir, khususnya petani di Desa Salimuran merupakan petani binaan dari pemerintah daerah, yang mana mereka selalu bercocok tanam menggunakan bibit unggul, disamping itu area persawahannya merupakan daerah tadah hujan, jadi meski musim kemarau masih bisa ditanami padi.

     

    Abdul karim mengatakan, “Desa Salimuran merupakan daerah tadah hujan, sehingga hamparan persawahan di daerah tersebut masih bisa ditanami padi, meskipun memasuki musim kemarau,” katanya.

     

    Salah satu kunci sukses swasembada pangan, yakni terpenuhinya infrastruktur yang di perlukan petani, maka dari itu kedepannya pemerintah daerah perlu membangun sarana irigasi dan bendungan agar petani semakin mudah dalam bercocok tanam, dan tidak terpengaruh oleh musim kemarau.

     

     

    Dengan adanya panen raya kali ini, diharapkan menjadi pemicu semangat dan motivasi dalam meraih keberhasilan usaha di sektor pertanian kedepan yang lebih baik lagi. Sehingga stok kebutuhan pangan masyarakat di daerah lebih tercukupi bahkan jika perlu dapat di ekspor ke negara lain.*(JH/relhum)