Melalui Jambore Meningkatkan SDM Pramuka

    0
    4

    Penjabat Bupati Tanah Bumbu Drs.H. Wahyudin saat memasuki Bumi Perkemahan Satya Darma Bhakti  Pulau Salak Kecamatan Kusan Hilir sebelum membuka Jambore Pramuka Penggalang Tingkat Cabang Tahun 2015. ( FOTO : wing/hum )

     

    KUSAN HILIR, BalarindangNews.com-Jambore Pramuka Penggalang Tingkat Cabang Tahun 2015 se-kabupaten Tanah Bumbu, kali ini dilaksanakan di Bumi Perkemahan Satya Darma Bhakti  Pulau Salak Kecamatan Kusan Hilir Kab Tanah Bumbu dengan tujuan membentuk watak atau karakter dan kepribadian nasional bagi generasi muda. “Saya mengharapkan kepada adik adikku, sebagai anggota Pramuka, hendaknya adik-adik menyadari bahwa kalian adalah Generasi muda penerus perjuangan bangsa,” kata Penjabat (Pj) Bupati Tanah Bumbu Drs. H. Wahyuddin, senin (26/10) pagi tadi saat memberi sambutan.

     

    Kegiatan tersebut akan berlangsung selama 3 hari, dimulai dari tanggal 25 hingga 28 Oktober dengan jumlah peserta sebanyak 556 orang, terdiri dari perserta putra  276 orang, dan peserta putri sebanyak 280 orang dari Kwartir Ranting di 10 Kecamatan se Kwarcab Kabupaten Tanah Bumbu.

     

    Dalam sambutannya Pj Bupati Tanbu juga menyampaikan, bahwa kegiatan Jambore Pramuka ini merupakan salah satu momentum strategis untuk meningkatkan kualitas kepramukaan serta kualitas diri dengan rajin belajar dan berlatih guna meraih sukses kehidupan masa depan. Gerakan Pramuka juga merupakan suatu sistem pendidikan non formal, yang membantu dan melengkapi pendidikan formal dalam membentuk watak atau karakter dan kepribadian nasional bagi generasi muda bangsa, serta perlu ditanamkan pada diri pribadi masing -masing, tekad dan semangat yang tak kenal menyerah, dalam menggapai suatu tujuan, dengan berprilaku yang terpuji.

     

    Sementara itu, disela-sela acara tersebut, Wakil Ketua II Kwarcab  Pramuka Tanbu Irpanie, S.Pd, M.M. menjelaskan, tujuan kegiatan ini adalah sebagai wahana pertemuan bagi Pramuka Penggalang Kwarcab Tanah Bumbu demi menggalang persatuan sesama anggota tersebut sehingga dapat meningkatkan kualitas SDM dari anggota pramuka.

     

    Irpanie mengatakan, “kegiatan ini akan menumbuh kembangkan serta meningkatkan kualitas SDM pramuka, baik pengalaman, keterampilan dan ketangkasan pramuka penegak, serta membentuk watak, sikap kemandirian, persatuan dan Kesatuan Pramuka,” jelasnya.*(JH/hum)