PPL Lebih Tekun Memberikan Penyuluhan Kepada Petani

    0
    33

    Penyerahan piagam penghargaan kepada perwakilan kelompok tani yang telah berhasil melakukan tanam dua kali dalam setahun. ( FOTO : dd/hum )

     

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Badan Penyuluh Pertanian Perkebunan Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan Temu Tekhnis Penyuluhan Tingkat Kabupaten, Rabu (4/11) kemarin, di Mahligai Bersujud Kecamatan Simpang Empat, guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) para Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dibidang pertanian, perikanan, dan kehutanan.

     

    Dalam acara tersebut Drs. H. Wahyuddin, M.AP selaku Penjabat (Pj) Bupati Tanah Bumbu menyampaikan, bahwa PPL harus mampu berinovasi dan memiliki pola pikir yang maju untuk membuat terobosan serta terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait, sebab dengan koordinasi yang baik kendala yang dihadapi dapat terselesaikan, sehingga permasalahan yang sama tidak muncul pada tahun tahun mendatang.

     

    Pj Bupati mengatakan, “PPL harus memiliki terobosan dalam memberikan informasi kepada petani. Selain itu, koordinasi antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) juga harus dilakukan,” kata Wahyuddin.

     

    Sementara itu, Panitia Pelaksana Temu Tekhnis Penyuluh Burhanudin, S.P menyampaikan, jumlah PPL yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu hingga tahun 2015 sebanyak 121 orang serta Tenaga Penyuluh Swadaya sebanyak 29 orang. Dengan adanya PPL, keberhasilan pembangunan sektor ketahanan pangan dapat terwujud, sebab tidak hanya oleh pemerintah daerah saja yang berperan dalam upaya peningkatan tersebut, akan tetapi juga karena adanya peranan petugas penyuluh lapangan (PPL) dalam memberikan pengetahuan dan wawasan kepada para petani.

     

    Dalam kesempatan yang sama, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu juga memberikan penghargaan kepada Kelompok Tani yang telah berhasil melakukan tanam padi dua kali dalam satu tahun. Penyerahan piagam kepada kelompok tani tersebut diserahkan langsung oleh Penjabat Bupati Tanah Bumbu Drs. H. Wahyuddin, M.AP yang didampingi Kepala BP4K Tanbu H. Mustaing kepada perwakilan kelompok tani


    Dengan adanya Temu Tekhnis Penyuluh, diharapkan dapat meningkatkan sumber daya manusia PPL khususnya dalam pengetahuan pemanfaatan tekhnologi guna pengelolaan sektor ketahanan pangan yang berkelanjutan dan semakin baik. *(JH/relhum)