Pemahaman UU di Desa Diterapkan

    0
    24

    Pelaksanaan sosialisasi yang dilakukan  untuk memberikan pemahaman tentang Undang-Undang kepada aparatur pemerintah desa. ( FOTO : dd/hum )

     

    KARANG BINTANG, BalarindangNws.com-Dengan mengingat masih banyaknya aparatur pemerintah desa yang kurangnya memahami tentang hukum. Kepala Bagian Hukum Seketariat Daerah (Setda) Tanah Bumbu, melalui Kasubag Bantuan Hukum dan HAM,  M. Jailani, SH, rabu (4/11) kemarin memberikan sosialisasi Undang-Undang (UU) di kantor camat Karang Bintang.

     

    Dalam kegiatan sosialisasi ini ratusan peserta yang terdiri Aparatur Pemerintahan Desa di Kecamatan Karang Bintang mengikuti Sosialisasi UU dengan atusias mendengarkan penerapan tentang undang undang tersebut. Dengan sosialisai ini diharapkan nantinya aparatur desa dapat memahami undang undang dan persoalan yang terjadi dimasyarakat dapat terselesaikan. “Setidaknya aparatur pemerintahan di desa  bisa memberikan solusi atau mengarahkan ke instansi terkait jika terjadi persoalan yang  yang terjadi dimasyarakat,” ujar M. Jailani.

     

    Terkait Sosialisasi UU, pemerintah kabupaten Tanbu sangat gencar dalam memberikan sosialisasi kepada aparatur pemerintah maupun masyarakat. Setidaknya semua Kecamatan dilaksanakan Sosialisasi UU. Sosialisasi dilakukan di seluruh Kecamatan akan tetapi materi yang diberikan berbeda-beda sesuai dengan karateristik dan persoalan yang dihadapi oleh masyarakat di wilayahnya, “kebanyakan sosialisasi yang dilakukan berdasarkan persoalan yang sedang berkembang dimasyarakat,” kata M. Jailani.

     

    Seperti halnya di Kecamatan Karang Bintang, kegiatan sosialisasi UU dengan materi yang disampaikan dengan tema Sosialisasi UU Agraria, UU Perkawinan, UU Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga, UU Tentang Narkoba, serta Kewenangan Pengadilan Agama Batulicin juga akan diberikan pada kegiatan sosialisasi di Kecamatan lain.


    Adapun peserta sosialisasi yaitu Kepala Desa, Sekretaris Desa, dan Badan Permusyawaratan Desa. Sedangkan Narasumber dari Polres Tanbu, Badan Pertanahan Nasional Tanbu, Pengadilan Agama Batulicin dan dari Bagian Hukum Setda Kab. Tanbu. *(JH/relhum)