Tiap RT harus Memiliki Wi-fi Gratis

    0
    4

    Penjabat Bupati Tanah Bumbu Drs. H.Wahyuddin saat berkunjung ke Kantor Bappeda sekaligus menggagas rencana pemasangan Wi-fi ditiap RT. ( FOTO : wing/hum )

     

    BATULICIN, BalarindangNews.com– Akses informasi dimasyarakat terus ditingkatkan, salah satunya melalui akses internet di setiap RT, “Dengan adanya wi-fi  gratis tersebut  akan memudahkan masyarakat dalam mengakses berbagai informasi melalui internet,” kata pejabat Bupati Tanah Bumbu Drs.H.Wahyuddin,M.AP di kantor Bappeda Tanbu, jum’at (6/11) tadi.

     

    Ini merupakan suatu gagasan, untuk mewujudkan rencana tersebut, perlu dirumuskan bersama dengan pihak terkait terutama Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) setempat, sehingga untuk tahun depan, wacana tersebut sudah dapat dikembangkan. Selain peningkatan di tiap desa. Keberadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Tanah Bumbu juga perlu mendapat perhatian, sangat pas apabila tempat tempat seperti itu juga memiliki fasilitas informasi yang memadai. Menurutnya ditiap RTH juga perlu di disediakan wi-fi gratis, setidaknya akan memudahkan bagi masyarakat pngunjung RTH untuk mengakses berbagai informasi.

     

    Secara terpisah, Kepala Dishubkominfo Tanbu melalui Kabid Kominfo Reza Akhyari mengatakan, “saat ini pemerintah sudah mengembangkan jaringan internet dibeberapa desa, jaringan yang sudah berkembang di Desa tersebut bernama Desa online,” jelas Reza.

     

    Desa online ini diperuntukan dalam menunjang berjalannya administrasi desa, salah satunya adalah menunjang input data program administrasi dana 1 Milyar Satu Desa. Fasilitas jaringan internet dan website sudah berkembang di Tanah Bumbu, jumlah desa yang telah  memiliki website adalah 111 buah,  sedangkan yang memiliki jaringan wi-fi sebanyak 67 desa.


    Riza menambahkan, “kita perlu bangga, desa di Kabupaten Tanah Bumbu sudah menunjukan prestasinya terkait perkembangan IT, ini dibuktikan Desa kita pernah dikategorikan sebagai website desa terbaik, serta menyandang kategori website desa terbanyak se-indonesia,” katanya.*(JH/hum)