Transaksi SP2D Secara Online

    0
    16

    Kepala BPKAD, Rosswandi Salem, S.Sos, M.M (kanan) saat memaparkan sistem transaksi kwuangan secara online. ( FOTO : dd/hum )

     

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Awal Nopember 2015 tadi, Kabupaten Tanah Bumbu mulai menerapkan sistem metode pelayanan transaksi keuangan secara online melalui Badan Pengelola Keuangan dan aset Daerah (BPKAD). Sehingga Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) yang sudah rampung dapat dilihat melalui website www.bpkad.tanahbumbu.go.id. “dengan sistem online ini tentunya dapat memangkas waktu dan biaya,” kata Rooswandi Salem,S.Sos,MM selaku kepala BPKAD, Rabu (11/11) kemarin di kantor Bupati Batulicin.

     

    Dengan metode menggunakan layar monitor akan tampil alur transaksi keuangan SP2D, informasi realisasi dan penggunaan anggaran pendapatan daerah. Hal ini bertujuan, dengan transaksi keuangan secara online, proses penerbitan SP2D dapat diselesaikan dengan waktu maksimal satu jam, dengan catatan semua dokumen yang menjadi syarat penerbitan SP2D sudah terverifikasi dan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

     

    “Proses SP2D secapatnya akan terbit, hal itu merupakan upaya perwujudan pelayanan yang prima dengan menerapkan akuntabilitas dan kinerja yang terukur, serta pengelola keuangan dan pelaporan SKPD sebagai acuan kinerja aparatur yang dapat dipantau oleh pimpinan dan masyarakat,” tegas Rooswandi.


    Melalui sistem informasi pengelolaan keuangan secara online tentunya bisa memangkas beberapa birokrasi yang dianggap kurang efektif yang dapat memperlambat lajunya pertumbuhan pembangunan di daerah, serta upaya pemerintah daerah untuk mewujudkan good goverment dan clean government seta mempercepat pembangunan di daerah, khususnya pemerintah kabupaten Tanah Bumbu.*(JH/Relhum)