Kab Tanbu Menjadi Referensi Regulasi CSR

    0
    36

    Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan H. Riduan dan H. Ruslan dari Komisi 1 DPRD Kab. Banjar saling bertukar plakat.(FOTO:dd/hum)

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Saudara, baru-baru tadi rombongan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banjar yang diketuai H. Ruslan, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) dalam rangka pengayaan materi dan dan pembelajaran tentang regulasi yang berkaitan dengan Coorporate Sosial Responsibility (CSR).

    Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kab Tanbu, H. Riduan yang didampingi Ketua Umum Forum Komunikasi (FK) CSR Tanbu, H. Wahyuni serta beberapa pejabat jajaran Pemkab Tanbu menyambut baik kedatangan rombongan, yang bermaksud ingin menggali lebih jauh mengenai regulasi CSR. Banyaknya pelaku usaha yang melakukan usahanya di Tanbu tentunya dapat mempercepat pembangunan disekitar masyarakat, salah satunya melalui tanggung jawab sosial atau CSR.

    Dengan ada pengelolaan dan regulasi yang baik dari pemerintah daerah, menjadikan banyaknya perusahaan di Tanbu mampu membentuk Forum Komunikasi CSR (FK CSR) sebagai wadah bagi pelaku usaha dan pemerintah daerah untuk saling berkomunikasi, yang mana regulasi tersebut nantinya dapat diterapkan di daerah lain. “Dengan mengetahui regulasi CSR, nantinya bisa kami terapkan pula di Kab Banjar sebagai upaya untuk meningkatkan dan mempercepat pembangunan di daerah kami nantinya,” kata H. Ruslan.

    Sementara itu, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Tanbu, H. Riduan menjelaskan, Kabupaten Tanah Bumbu merupakan kabupaten pemekaran yang sedang giat-giatnya melaksanakan pembangunan guna mensejajarkan dengan daerah lainnya di Kalimantan Selatan. Untuk itu pemkab Tanbu berkomitmen dan bekerja keras untuk membangun daerah agar bisa sejajar dengan daerah lainnya di Kalimantan Selatan. Salah satunya dengan program pro rakyat yang diluncurkan pemkab tanbu untuk mempercepat pembangunan seperti Program 1 Milyar 1 Desa dan pembangunan melalui program CSR.

    Perusahaan yang ada di Tanbu telah memprioritaskan program pembangunan infrastruktur serta pemberdayaan masyarakat pada program CSR. Pemberdayaan masyarakat lebih diprioritaskan karena pemerintah daerah menginginkan agar masyarakat memiliki keterampilan.Sementara itu, terkait regulasinya, telah dibuatkan SK Bupati Tanah Bumbu tentang Pembentukan Pengurus dan Sekretariat FK CSR serta aturan hukum lainnya.

    Dengan adanya kunjungan kerja DPRD Kab Banjar ke Pemkab Tanbu, H. Riduan mengharapkan dapat mempererat tali silaturahmi diantara kedua Kabupaten. “Sinergitas dan kerjasama diantara dua kabupaten ini diharapkan dapat terus terjalin sehingga percepatan pembangunan didaerah dapat terwujud,” ujarnya .*(JH/relhum)