Melindungi Alam dengan Menanam Pohon

    0
    5

    Pj Bupati Tanah Bumbu Drs. H. Wahyuddin, M.AP menanam pohon dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia. (FOTO:dd/hum)

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Untuk memperingati Hari Menanam Pohon Nasional Tahun 2015, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Jum’at (11/12) kemarin melakukan penanaman 4000 bibit pohon di kawasan obyek wisata Goa Liang Bangkai, Desa Dukuh Rejo Kecamatan Mentewe, guna menjaga kelestarian lingkungan sekaligus mengantisipasi dampak buruk pemanasan global.

    Gerakan penanaman pohon yang bertemakan “Ayo Kerja Tanam dan Pelihara Pohon Untuk Hidup Yang Lebih Baik” tersebut, langsung dipimpin oleh Penjabat (Pj) Bupati Tanbu, Drs. H. Wahyuddin, M.AP. Penanaman pohon tersebut merupakan bukti nyata keseriusan pemerintah daerah dalam rangka mengupayakan kelestarian lingkungan. “Ini adalah langkah nyata dalam upaya menjaga kelestarian alam kita,dan menjaga lingkungan untuk mengatasi dampak iklim global, serta menjaga keanekaragaman hayati untuk memenuhi kebutuhan generasi kita di masa akan datang,” kata Wahyuddin.

    Langkah tersebut juga bertujuan untuk mewujudkan kondisi alam yang sehat, melindungin alam,  serta  menambah daya tarik obyek wisata yang ada di Tanah Bumbu, yaitu dengan memberikan pemahaman dan kesadaran pada setiap masyarakat agar memiliki rasa kecintaan terhadap lingkungan sekitar, serta senantiasa menjaga kelestarian alam khususnya yang berada di kawasan obyek wisata dengan gemar menanam pohon.

    Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Hanif Faisol Nurrofiq menjelaskan, dalam aksi penanaman pohon tersebut, tidak hanya satu jenis pohon saja, akan tetapi jenis pohon yang ditanam bervariasi. Bibit pohon yang ditanam dalam aksi tersebut antara lain jenis Mahoni, Ulin, Kuku, Gaharu, Pohon Tanjung, dan Asam Jawa yang sangat cocok tumbuh di daerah pegunungan.

    Dengan adanya gerakan penanaman pohon tersebut, diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran diri untuk semakin sadar lingkungan, mampu menjaga alam sekitar, dan memanfaatkan alam sekitar untuk kehidupan. Selain itu, lebih luas diharapkan dapat mengantisipasi perubahan iklim yang berdampak pada kesehatan masyarakatdan mampu merehabilitasi lahan rusak. *(JH/relhum)