Tikus Sawah Dibasmi Untuk Mencapai Swasembada Pangan

    0
    37

    Foto: net /http://carabudidaya.com/hama-tikus-sawah/

    BATULICIN, BalarindangNews.com- Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanpanak) Tanbu terus melakukan upaya peningkatan produkstifitas padi untuk mencapai swasembada pangan, dengan melakukan pembasmian hama pengganggu dan musuh utama pertanian yaitu tikus sawah (Rattus argentiventer) di areal persawahan, “hampir semua lahan persawahan di Tanbu hama pengganggunya yaitu tikus sawah. Jika tidak dikendalikan dan dibasmi tentunya dapat menurunkan produkstifitas padi di Bumi Bersujud,” kata Abdul Karim Kepala Distanpanak Tanbu, baru-baru tadi, di Batulicin.

    Distanpanak Tanbu bersama dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait yang dibantu oleh Kodim 1022 Tanbu dan Babinsa, melakukan gerakan pengendalian hama tikus disejumlah areal persawahan di Tanbu melalui metode pengasapan yang dirasa lebih efektif. Bubuk belerang dibungkus dengan jerami padi kering lalu dibakar, kemudian asap dari pembakaran tersebut dimasukan kedalam lubang sarang tikus. Setelah pengasapan kedalam sarang tikus kemudian ditutup dengan tanah, dalam beberapa menit, tikus yang terkurung didalam sarangnya akan mati.

    Pembasmian tikus sawah menggunakan pengasapan yang dilaksanakan di areal persawahan.(FOTO:dd/hum)

    Area persawahan yang telah dilakukan pembasmian diantaranya lahan persawahan Desa Sungai Rukam Kecamatan Kusan Hulu dan Desa Satu Timur Kecamatan Satui. Pengendalian hama tikus ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk mencapai target swasembada pangan yang menjadi program nasional dari Pemerintah Pusat, serta guna mendukung program tanam serentak yang sudah di mulai pada bulan November lalu.

    Diharapkan melalui pengendalian hama tikus, pada musim tanam nanti, areal persawahan bebas dari hama pengganggu sehingga dapat menunjang keberhasilan untuk program tanam bulan Oktober-Maret (Okmar) . Selain itu, kedepannya mampu meningkatkan produktifitas para petani, serta mampu mewujudkan target swasembada pangan di kabupaten Tanbu. *(JH/relhum)