Meningkatkan Usaha Kecil Melalui Budidaya Jamur Tiram

    0
    18

    Peserta pelatihan kewirausahaan melakukan praktek lapangan cara membuat bibit jamur tiram. (FOTO:dd/hum)

    SUNGAI LOBAN,BalarindangNews.com-Sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat serta mendukung program pemerintah dalam penciptaan lapangan kerja dan pengentasan kemiskinan, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menegah (Disperindagkop dan UKM) Kab Tanah Bumbu (Tanbu), Kamis (28/1) kemarin, melaksanakan pelatihan kewirausahaan cara membudidayakan jamur tiram, di Desa Damar Indah Kec Sungai Loban.

    Dalam pelatihan budidaya jamur tiram tersebut, diikuti sebanyak 25 orang peserta yang merupakan warga Desa Damar Indah. Pelatihan tidak hanya memberikan materi saja, karena peserta masih pemula, mereka juga langsung diajak praktek mengenai cara membuat bibit jamur tiram, sehingga nantinya tidak mengalami kesulitan dalam menerapkan pembudidayaannya.

    Budidaya jamur tiram sangatlah potensial untuk digeluti karena mudah untuk dipasarkan dan cara pembudidayaannya pun tergolong mudah pula, bahan baku dalam pembuatan bibit jamur tiram juga dapat dicari disekitar kita, karena hanya membutuhkan serbuk gergaji, katul, CaCO3, dan Air. Selain di kecamatan Sungai Loban, budidaya jamur tiram juga telah mulai dikembangkan di kecamatan Kusan Hilir

    Kepala Disperindagkop dan UKM Tanbu Andi Hasdar melalui Kabid Koperasi dan UKM Tanbu Fahrurraji mengatakan, “Selama ini, jamur tiram yang dibudidayakan di kab Tanbu dipasok ke pasar-pasar tradisional dan juga keluar daerah. Dengan pangsa pasar yang luas, budidaya jamur tiram sangatlah potensial untuk digeluti,” kata Fahrurraji.

    Dengan dilaksanakannya pelatihan kewirausahaan tersebut, diharapkan usaha budidaya jamur tiram mampu menunjang peningkatan perekonomian masyarakat di Tanbu dengan terciptanya lapangan kerja baru, sehingga dalam jangka panjang dapat mengurangi tingkat kemiskinan, “kami berharap usaha ini dapat terus berkembang dan mampu mensejahterakan masyarakat,” kata Fahrurraji. *(JH/relhum)