Disperindagkop dan UKM Tanbu Membuktikan Prestasinya

    0
    32

    Kabid Koperasi dan UKM Pahrurraji (baris ke dua dari kiri) saat memberikan pembinaan koperasi. (FOTO:dd/hum)

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Tanbu selama  tahun 2015 telah menunjukan keberhasilannya. Hal itu terbukti dengan diraihnya beberapa penghargaan dibidang UKM dan Koperasi, “berbagai penghargaan berhasil diraih sepanjang tahun 2015 berkat kerja keras dan dukungan dari berbagai pihak khususnya pelaku koperasi dan ukm,” kata Pahrurraji Kabid Koperasi dan UKM Tanbu, belum lama tadi, di Batulicin.

    Sebanyak empat prestasi penghargaan telah diraih ditingkat Provinsi Kalimantan Selatan maupun di Tingkat Nasional. Penghargaan tersebut diantaranya keberhasilan Kodpit Satui Mandiri dan Kodpit Sumber Rejeki yang meraih predikat Koperasi Berprestasi Tingkat Propinsi Kalimantan Selatan. Pada tahun yang sama, Menteri Koperasi dan UKM memberikan Penghargaan Bhakti Koperasi kepada Bupati Tanah Bumbu yang penyerahan penghargaannya diberikan bertepatan pada Hari Koperasi Nasional di Nusa Tenggara Timur (NTT).

    Selain itu, penghargaan yang di raih oleh KUD Tut Wuri Handayani yang mendapatkan program dari Kementerian Koperasi dan UKM tentang Penataan Pasar Tradisional, serta pada pada sektor UKM, Menteri Koperasi dan UKM memberikan penghargaan kepada Bupati Tanah Bumbu atas prestasinya dalam mendorong percepatan penerbitan Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) kepada pelaku usaha mikro dan kecil.

    Sementera itu, sebagai upaya agar koperasi dan UKM di Tanbu agar mampu bersaing dengan daerah lain dan menjadi koperasi yang berkualitas, berprestasi dan tangguh. Disperindagkop dan UKM melakukan langkah-langkah pembinaan kepada koperasi yang hampir tidak aktif dan membubarkan koperasi yang sudah benar-benar tidak aktif lagi, melaksanakan pelatihan administrasi perkoperasian, sosialisasi undang-undang perkoperasian dan peraturan-peraturan lainnya yang berkenaan dengan kelembagaan perkoperasian serta melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan perkembangan dan pertumbuhan koperasi di Kabupaten Tanah Bumbu.

    Dari data yang ada pada Disperindagkop dan UKM Tanbu, jumlah keseluruhan Koperasi di Kabupaten Tanah Bumbu sampai Desember 2015 berjumlah 337 Koperasi. Sebanyak 292 koperasi masih aktif dan 45 koperasi sudah tidak aktif. Sedangkan koperasi yang baru tumbuh pada tahun 2015 sebanyak 28 koperasi dengan Surat Ijin Usaha Simpan Pinjam Koperasi yang telah diterbitkan berjumlah 25 buah.

    Untuk meninmgkatkan UKM di Tanbu, Disperindagkop juga memberi perhatian, seperti melaksanakan pembinaan industri rumah tangga, industri kecil dan menengah, melaksanakan pelatihan dengan harapan terciptanya peluang usaha baru bagi pelaku usaha, mempermudah proses penerbitan ijin usaha mikro kecil kepada pelaku UKM agar memiliki legalitas yang diakui perbankan, menyelenggarakan promosi produk usaha mikro dan kecil, serta melakukan monitoring, perkembangan, dan pertumbuhan UMKM dan Perijinan yang diterbitkan untuk UMK.*(JH/relhum)