Tanah Bumbu Waspada Bencana Banjir

    0
    3

    Penjabat Bupati Tanah Bumbu Drs.H. Wahyudin, M.AP saat memeriksa pasukan Tim yang siap melakukan kesiagaan Bencana. (FOTO:win?hum)

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Pelaksanaan penanggulangan Bencana semata-mata bukan tanggung jawab pemerintah, akan tetapi juga merupakan tanggung jawab semua pihak, baik unsur masyarakat dan unsur dunia usaha. “Sekarang ini telah memasuki musim hujan. Untuk itu kita semua harus tetap waspada dan melakukan tindakan positif dalam mengantisipasi bahaya bencana banjir,” tegas Penjabat Bupati Tanah Bumbu Drs.H. Wahyudin. M.AP saat memberikan sambutan dalam gelar apel siaga Bencana tahun 2016 di halaman Kantor Bupati Tanbu Kamis (4/2) pagi tadi.

    Pada perubahan musim yang tidak menentu dan ekstrimnya cuaca sekarang ini, tentu dapat menimbulkan bencana alam yang sangat membahayakan bagi semua. Diharapkan semua unsur dapat menyatukan persepsi serta gerak langkah dalam penanggulangan bencana, setidaknya dapat meminimalisir kejadian bencana, sehingga tidak menelan korban jiwa dan mengalami kerugian harta benda.

    Pemerintah daerah mualai saat ini sudah mengefektifkan posko-posko bencana yang ada di Kecamatan, sehingga informasi dari masyarakat dapat segera diterima dan dapat segera dilaksanakan secara cepat, tepat, efektif dan efesien jika terjadi bencana, “kami juga mengintruksikan kepada seluruh Camat yang belum ada posko agar segera membentuk posko yang personilnya dari unsur aparatur Kecamatan dan Desa,” tambah Pj. Bupati.

    Selanjutnya Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas terkait, kiranya agar dapat mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat tentang pentingnya upaya penanggulangan bencana secara dini dan menyebarluaskan informasi potensi bencana dengan baik dan tepat.

    Sementara itu, gelar apel siaga dihadiri oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Tanbu, para Camat Se Kabupaten Tanbu, jajaran pejabat dilingkup Pemkab Tanbu. Gelar tersebut dukung oleh berbagai pasukan, baik TNI dan Polri, Relawan masing masing Kecamatan, PMI, CRS berbagai Perusahaan, Koordinator Damkar setempat.

     

    Gelar di tandai dengan pemeriksaan pasukan oleh Penjabat Bupati diiringi Kapolres Tanbu dan Kejari Tanbu serta unsur terkait lainnnya.*(JH/relhum)