Menigkatkan Kualitas Remaja Melalui Jambore PIK-R

    0
    7

    Kasubbid Peran Serta Masyarakat BKBP3A Muhammad Irfanie, S. Pd., M.M membuka Jambore PIK-R Kab Tanbu sekaligus memberikan penyuluhan kepada peserta. (FOTO:win/hum)

    PAGATAN, BalarindangNews.com-Sebagai upaya menekan tindakan menyimpang yang dilakukan oleh remaja,  Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BKBP3A) ab Tanah Bumbu (Tanbu), rabu (17/2) kemarin melaksanakan Jambore Pusat Informasi dan Konseling (PIK) di Panggung Wisata Kota Pagatan.

    Kegiatan yang dibuka langsung oleh Sekretaris BKBP3A dr. H. Janu Wibowo, M. Si tersebut bertujuan untuk memberi pemahaman kepada generasi muda terhadap bahaya pergaulan bebas kenakalan remaja, hingga bahaya penyalahgunaan narkoba. Berbagai penyimpangan yang dilakukan remaja sekarang ini perlu diperhatikan dan dicarikan solusinya, yaitu dengan berbagai kegiatan positif yang dapat memberikan pembelajaran bagi remaja sehingga kedepannya akan membawa perubahan sikap dan pola pikir.

    Dalam jambore PIK-R kali ini juga diadakan berbagai lomba yang mengambil tema bahaya pegaulan bebas, kenakalan remaja dan bahaya narkoba bagi generasi muda. Kegiatan ini diikuti oleh 5 kelompok peserta, yakni dari PIK Tunas Kelapa Kecamatan Batulicin, PIK Siporio Siporennu Kecamatan Kusan Hilir, PIK Mutiara Hitam Kecamatan Simpang Empat, PIK Tunas Bangsa Kecamatan Kusan Hulu, dan PIK Sehat Mandiri Kecamatan Mentewe.

    Sementara itu, Kasubbid Peran Serta Masyarakat BKBP3A Tanbu Muhammad Irfanie, S. Pd.,  M.M berharap, dengan adanya kegiatan Jambore PIK-R kali ini akan muncul semacam inovasi bagi para remaja untuk bisa melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat, “dengan penyuluhan dan sosialisasi yang kita lakukan dalam Jambore PIK-R ini bisa meningkatkan kualitas generasi para remaja di Bumi Bersujud ini,” kata Irfanie.

    Dengan adanya berbagai lomba dalam pelaksanaan jambore PIK-R generasi mudadapat memahami akan bahayanya penyalahgunaan narkoba dan bahaya pergaulan bebas yang bisa menyebabkan terkenanya penyakit Hiv Aids serta menimbulkan berbagai dampak buruk lainnya, “dengan adanya kegiatan ini, tentu saja kita arahkan agar mereka terhindar dari kenakalan remaja, bahaya pergaulan bebas, hingga penyalahgunaan narkoba,” papar Irfanie. *(JH/hum)