Seluruh SKPD Diminta Menyelaraskan Prioritas Pembangunan

    0
    14

    Sekda Tanbu Drs. Said Akhmad  membuka Pra Musrenbang RKPD 2017. (FOTO:win/hum)

    BATULICIN,BalarindangNews.com-Sebagai upaya dalam menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan, Sekretaris Daerah (Sekda) Tanah Bumbu (Tanbu) Drs. Said Akhmad, M.M meminta kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar mensinergikan program kegiatannya serta memahami tugas pokok dan fungsinya, “jangan sampai saat melakukan penyusunan perencanaan justru pihak SKPD tidak tahu tupoksinya, sehingga  perencanaan pembangunan kedepan tidak bisa selaras dengan visi dan misi Bupati,” katanya saat memberi sambutan acara Pra Musrenbang RKPD 2017 di Mahligai Bersujud kawasan Kapet Batulicin, Kamis (3/3) kemarin.

    Beberapa hal yang perlu diperhatikan guna mensinergikan visi dan misi tersebut, maka dalam membuat perencanaan pembangunan harus mengkaji  berbagai tahapan seperti bentuk penyusunan rencana, penetapan rencana, pengendalian pelaksanaan rencana, kemudian melakukan evaluasi tujuan akhir untuk memgetahui berhasil atau tidaknya perencanaan tersebut.

    Segala yang tertuang dalam visi dan misi nantinya akan menjadi dasar laporan dan pertanggung jawaban terkait seberapa jauh tingkat keberhasilan dalam pelaksanaan program selama lima tahun masa kepemimpinan. Oleh karena itu, seluruh SKPD sebagai motor penggerak dalam keberhasilan program kepala daerah harus mengetahui dan memahami segala tugas dan fungsinya dalam upaya mewujudkan keberhasilan pembangunan.

    Sekda menambahkan, jangan sampai penyusunan perencanaan  program kerja dibuat asal-asalan sehingga program yang direncanakan akhirnya tidak tercapai, “kegagalan SKPD dalam menyusun sebuah perencanaan  merupakan kegagalan program Bupati dalam melaksanakan visi misi nya tersebut,” terangnya.

    Diharapkan, dalam perumusan perencanaan pihak SKPD  tidak mengedepankan ego sektoral dalam sebuah perencanaan kerja, maka semua pihak terkait harus tetap dilibatkan. Keseriusan SKPD dalam mendukung program dan visi misi kepala daerah  tidak hanya melakukan optimalisasi penyusunan perencanaan, untuk itu diperlukan kebersamaan dan saling koordinasi antar seluruh SKPD.

    Upaya dan langkah mensinergikan program kerja harus dilakukan dengan melibatkan instansi-instansi terkait agar dapat dirumuskan perencanaan yang meksimal dan melahirkan  perencanaan yang lebih mengedepankan skala prioritas maupun pro rakyat. Sekda mencontohkan, “perencanaan program Dinas Pertanian dalam menunjang  pengembangan sektor pertanian berupa  pembangunan irigasi tentunya harus melibatkan dengan BP4K, begitu juga dengan Dinas Pekerjaan Umum dan pihak terkait lainnya, agar pembangunan irigasi  benar benar efektif dan efesien serta memberi manfaat bagi pengembangan produksi pertanian maupun  kesejahteraan para petani itu sendiri, ” paparnya.*(JH/hum)