Banjir Tanbu Merusak Fasilitas Umum

    0
    4

    Wakil Bupati Tanbu, H. Sudian Noor beserta rombongan meninjau langsung kondisi  jalan yang terkikis akibat luapan air di Desa Salimuran. (FOTO:win/hum)

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com-Tingginya curah hujan yang melanda beberapa daerah di kab Tanah Bumbu (Tanbu) beberapa hari terakhir mengakibatkan sejumlah ruas jalan di Desa Salimuran rusak akibat terkikis luapan air dan kondisinya memprihatinkan. Menanggapi kondisi tersebut, Sabtu (5/3), Wakil Bupati Tanbu, H. Sudian Noor terjun langsung untuk meninjau lokasi dan berkoordinasi dengan Dinas terkait guna mencegah terjadinya kerusakan sarana dan prasarana serta fasilitas umum warga.

    Dalam kunjungannya tersebut, Sudian Noor menyampaikan kepada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) untuk segera bertindak cepat atas bencana yang menimbulkan kerusakan jalan sebagai fasilitas umum tersebut. DPU diminta sesegara mungkin mengirim material batu guna membuat tanggul sekaligus meninggikan badan jalam tersebut, “jalan ini perlu segera ditinggikan serta dibuatkan tanggul, supaya tidak lagi terkikis luapan air,” kata Sudian Noor.

    Warga Desa Sardangan, Kecamatan Kusan Hilir terpaksa melakukan panen lebih awal akibat padi mereka yang tergenang air. (FOTO:win/hum)

    Selain kerusakan jalan di Desa Salimuran, banjir juga menggenangi ratusan area persawahan di Desa Satiung dan kawasan Desa Sardangan Kecamatan Kusan Hilir. Air meluap dari kawasan bantaran Sungai Kusan yang melampaui batas tanggul lahan pertanian dikawasan desa tersebut. Kondisi padi yang telah siap untuk panen memaksa sebagian petani untuk melakukan panen lebih awal, sebab jika dibiarkan terendam air, para petani khawatir akan mengalami gagal panen mengingat intensitas genangan air belum surut serta diperkirakan curah hujan masih tinggi, karena kondisi langit masih terlihat mendung.

    Sudian Noor berharap pihak Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanpanak) bisa mengambil langkah cepat untuk mencegah terjadinya luapan sungai yang menggenangi lahan pertanian milik petani. Dana anggaran pembuatan tanggul harus segera di usulkan sekaligus merumuskan teknik pengerjaanya agar masalah luapan air yang kerap melanda sawah petani dapat segera teratasi. *(JH/relhum)