Atasi Banjir Musiman, Tanbu Rencanakan Bangun Bendungan

    0
    17

     

    Bupati Tanah Bumbu, Mardani H. Maming bersama dengan Kepala BPBD Tanbu, Mariani meninjau posko sembako untuk korban banjir di Kec Kusan Hulu. (FOTO:dd/hum)

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Bencana banjir yang melanda sebagian wilayah kab Tanh Bumbu (Tanbu) menjadi salah satu perhatian serius Bupati Tanbu Mardani H. Maming dengan bertindak cepat merumuskan kebijakan dalam menanggulangi bencana musiman tersebut, “banjir yang kerap terjadi berdampak negativ terhadap kondisi ekonomi masyarakat. Oleh sebab itu, persoalan banjir harus ditangani serius dengan  membuat bendungan agar kedepannya tidak terulang lagi, kata Mardani, Rabu (9/3) kemarin, saat meninjau lokasi banjir di kec Kusan Hulu..

    Terkait rencana tersebut, pemerintah daerah saat ini sudah mulai menganggarkan dana sebesar Rp. 5 milyar untuk study kelayakan rencana pembangunan bendungan.Selain untuk mencegah banjir, bendungan yang rencananya dibangun juga akan dimanfaatkan sebagai sarana irigasi, pembangkit tenaga listrik, dan pengolahan air baku oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), “tujuan utamanya adalah untuk mencegah banjir, kalaupun layak digunakan untuk kebutuhan yang lain, maka akan disesuaikan dengan anggaran yang ada,” jelas Bupati.

    Apabila pelaksanaan study kelayakan tahun ini selesai, maka tahun depan dipastikan baru bisa dilaksanakan Detail Engineering Design (DED) atau detail perencanaan proses pembangunan bendungan, kemudian baru dilakukan study amdal yang sekaligus melakukan upaya pembebasan lahan masyarakat di sekitar kawasan bantaran sungai yang sekiranya mereka dianggap perlu untuk direlokasi.

    Rencana pembangunan bendungan diharapkan juga ada keterlibatan atau campur tangan pemerintah pusat dan provinsi. Dengan terealisasinya bendungan nantinya, diharapkan kedepannya memberi dampak yang positif terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar baik di sektor pertanian, pemenuhan kebutuhan listrik, dan ketersediaan air bersih. Sehingga secara tidak langsung berbagai permasalahan dapat teratasi. *(JH/relhum)