Perbaiki Mutu Pelayanan, PN Batulicin pindah Gedung Baru

    0
    24

     

    Ketua Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, S.H., M.H. meresmikan gedung baru Negeri (PN) Kelas II Batulicin di Jalan Kodeco KM 4 Kec. Simpang Empat, Tanbu. (FOTO:dd/hum)

    BATULICIN, BalarindangNews.comSaudara, Jumat (18/3) kemarin, gedung baru Pengadilan Negeri (PN) Kelas II Batulicindi Jalan Kodeco KM 4 Kec. Simpang Empat, Kab. Tanah Bumbu (Tanbu) diresmikan.Peresmian gedung baru tersebut dilakukan langsung oleh Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, S.H., M.H. selaku Ketua Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia

    Selain peresmian gedung baru, dalam acara tersebut  juga dilakukan penandatanganan berita serah terima hibah dari pemerintah Kab. Tanbu kepada Sekretaris Mahkamah Agung serta penyerahan Sertifikat ISO 9001 : 2008 untuk Kantor Pengadilan Negeri Batulicin, yang merupakan standar internasional yang digunakan untuk menetapkan kebijakan dan sasaran mutu serta pencapaianya yang bisa diterapkan dalam setiap jenis organisasi/ perusahaan berdasarkan persyaratan delapan klausul ISO 9001 : 2008 yaitu ruang lingkup, rujukan normative, istilah dan definisi, sistem manajemen mutu, tanggungjawab manajemen, manajemen sumberdaya, realisasi produk, pengukuran, Analisis dan Peningkatan. Dipindahnya pengadilan negeri ke gedung baru merupakan upaya pemerintah daerah dalam menunjang kinerja dan meningkatkan kualitas mutu pelayanan masyarakat kab Tanbu dalam mencari keadilan.

    Dalam kesempatan tersebut, Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, S.H., M.H meminta agar seluruh personil yang bekerja dipengadilan untuk meningkatkan kemampuan dan menghapus pandangan masyarakat masa lalu seperti pengadilan yang lambat, sidang berlarut-larut dan putusan yang terlambat diterima para pencari keadilan.Mari kita jadikan momentum bersejarah ini, kita jadikan wajah baru pengadilan, yaitu pengadilan yang ramah dan sigap, pinta Hatta.

    Gedung baru Pengadilan Negeri (PN) Kelas II Batulicin di Jalan Kodeco KM 4 Kec. Simpang Empat, Tanbu tampak lebih megah dari gedung sebelumnya. (FOTO:dd/hum)

    Sementara itu, Ketua Pengadilan Negeri Batulicin, Wahyu Iman, menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah kabupaten Tanbu atas perhatian dan kerjasamanya yang sudah terjalin harmonis, degan menghibahkan gedung baru guna mengoptimalkan kinerja serta memperbaiki mutu pelayanan. “Melalui hibah yang kedua kalinya tentunya dapat menunjang kerja Pengadilan Negeri Batulicin untuk berupaya meningkatkan kualitas performa dan kinerja yang optimal guna melayani para pencari keadilan di Bumi Bersujud,” kata Wahyu.

    Untuk diketahui, volume perkara di kabupaten Tanbu setiap tahunnya mencapai 470 perkara pidana, 24 perkara perdata serta 50 perkara permohonan. Sedangkan untuk jumlah personil yang ada di pengadilan negeri sebanyak 34 orang, yang terdiri dari 7 hakim, 5 panitera pengganti, 10 PNS, dan 12 honorer. Tenaga yang ada tersebut tentunya sangat terbatas, namun dengan adanya gedung baru bisa menjadi pendorong untuk meningkatkan performa kualitas mutu pelayanan yang optimal, sehingga akan meningkatkan pelayanan dibidang hukum untuk menyelenggarakan pemerintahan yang sebaik-baiknya

    Selain itu, dengan diresmikannya gedung yang sangat refresentatif dan memiliki sarana dan prasarana yang memadai, diharapkan Pengadilan Negeri Batulicin berkomitmen kuat untuk menciptakan inovasi inovasi dibidang pelayanan hukum dimasa yang akan datang guna menuju peradilan yang modern dalam rangka mewujudkan badan peradilan yang agung.*(JH/relhum)