Pegawai Terlibat Narkoba Akan Dipecat

    0
    4

     

    Bupati Tanbu Mardani H. Maming meminta kepada seluruh jajarannya agar tidak melanggar kedisiplinan dan melakukan tindakan mencoreng institusi terutama yang terlibat kasus narkoba. (FOTO:win/hum)

    BATULICIN, BalarindangNews.comBupati Tanah Bumbu (Tanbu) Mardani H. Maming mengambil sikap tegas kepada seluruh oknum pegawai yang melanggar kedisiplinan dan melakukan tindakan mencoreng institusi terutama yang terlibat kasus narkoba.. “Jika ada staf maupun pejabat  yang terlibat dan terindikasi melakukan penyalahgunaan narkoba, maka jika bersangkutan ditetapkan sebagai tersangka akan segera diberhentikan, tanpa harus menunggu ketetapan hukum dari pengadilan,” kata Mardani saat memimpin apel gabungan, Senin (28/3), di halaman kantor Bupati Tanbu.

    Dalam apel tersebut, Mardani juga menyampaikan, dalam waktu dekat akan dibuka ruang  bagi pihak kepolisian  untuk melakukan tes urine kepada jajarannya guna memastikan dan mengetahui ada atau tidak jajarannya yang mengonsumsi narkoba. Apabila hasil tes urine menyatakan positif  menggunakan narkoba, maka oknum pegawai yang bersangkutan akan diberhentikan.

    Mardani mengatakan, “kalau hasil tes urine tersebut menyatakan positif  menggunakan narkoba, saya tidak segan-segan melakukan tindakan tegas berupa  pemecatan maupun sanksi administrasi kepada yang bersangkutan,” tegasnya.

    Sementara itu, beberapa pegawai yang saat itu datang terlambat mengikuti apel langsung diberi tindakan tegas, mereka diminta membentuk barisan tersendiri diantara peserta apel lainnya dan kemudian diwajibkan membaca sumpah Korpri secara bergiliran.Untuk apel berikutnya, seluruh pegawai baik PNS maupun Non PNS yang terlambat datang akan mendapat tindakan lebih tegas lagi, bahkan bagi staf dan pejabat yang masuk dalam promosi jabatan akan segera dibatalkan.

    Untuk kali ini saya maafkan, kalau apel berikutnya masih melakukan yang serupa, kami perintahkan pihak BKD  agar mencatat lansung pegawai yang terlambat dan segera ditindaklanjuti untuk tahap hukuman selanjutnya,” kata Mardani.

    Tindakan tegas ini sengaja dilakukan dalam rangka meningkatkan kedisiplinan seluruh pegawai agar dapat memberi efek jera dan menjadi perhatian bagi pegawai lainnya. Selain itu, Satpol PP harus mengoptimalkan tugasnya dalam melakukan penertiban kepada pegawai yang melanggar aturandiluar jam kerja dan segera ambil tindakan sehingga menjadi perhatian bagi pegawai lainnya untuk tidak melakukan pelanggaran serupa. Diharapkan agar seluruh aparatur dapat memberikan contoh terbaik dengan tindakan-tindakan terpuji, terlebih bukan dilabeli sebagai pengguna narkoba akan tetapi mampu untuk mengayomi dan melayani masyarakat, serta disiplin dan proesional dalam menjalankan tugas.  *(JH/hum)