Lagi, Ribuan Lampion Akan Hiasi Langit Tanah Bumbu

    0
    20

    Siswa-siswi sekolah tingkat atas didaulat sebagai eksekutor guna mensukseskan parade lampion yang menjadi event tahunan di Kabupaten Tanah Bumbu. (FOTO:ES/BNews)

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com-Dengan segala potensi wisata yang dimilikinya, Kabupaten Tanah Bumbu terus berinovasi guna memajukan sector pariwisatanya agar mendapat tempat di hati para wisatawan. Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tanah Bumbu ke-13 Tahun 2016 sekaligus memeriahkan malam puncak pesta budaya tahunan yang dikenal dengan Mappanretasi, Yayasan Catur Mandiri selaku pelaksana kegiatan kembali menuangkan gagasan dan kreasi untuk berpartisipasi bersama pemerintah daerah melalui Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Disporbudpar) menggelar event SEMARAK PARADE LAMPION 2016 yang bertajuk  FULL COLOUR.

    Semarak Parade Lampion sendiri merupakan event pelepasan ribuan lampion (sky lantern) sebagai symbol harapan dan doa dari masyarakat Tanah Bumbu, agar tahun-tahun berikutnya semakin maju dalam segala bidang pembangunan. Selain itu, makna yang dijelaskan dari kegiatan ini adalah menunjukan kesederhanaan bentuk lampion yang mampu disandingkan dengan kecantikan atau keindahan, yaitu lampion warna-warni yang diterbangkan secara serempak mengartikan bahwa segala sesuatu apabila dikerjaan dengan bersama-sama walaupun berbeda suku maupun agama akan menciptakan keberhasilan dan kesuksesan. Keberhasilan dan kesuksesan tersebut disymbolkan dengan pemandangan indah dari warna-warni ribuan lampion yang terbang menghiasi langit.

    Pelepasan ribuan lampion warna-warni melibatkan beberapa sekolah yang ada di Kecamatan Kusan Hilir, ratusan siswa-siswi sekolah tingkat atas didaulat sebagai eksekutor guna mensukseskan parade lampion yang menjadi event tahunan di Kabupaten Tanah Bumbu. Event yang sama digelar pertama kali pada tahun 2015 kemarin yang bertepatan dengan peringatan  HUT Tanah Bumbu yang ke-12, meski baru kali kedua, kegiatan parade lampion telah memberi dampak positif dengan banyaknya kunjungan dari wisatawan local, serta mendorong generasi muda agar dapat terus berkreasi guna mengembangkan potensi pariwisata yang ada.

    Nah, bagi para wisatawan yang gemar menikmati berbagai macam acara unik, Tanah Bumbu merupakan destinasi yang cocok. Bertepatan dengan moment HUT Tanah Bumbu serta Pesta Budaya Mappanretasi, banyak sekali disuguhkan pentas seni, pameran pembangunan, bazaar, serta berbagai hiburan yang dapat melengkapi kegiatan berplesir. Wisatawan dapat menikmati berbagai hiburan pada awal bulan april hingga akhir april, sebab rangkaian kegiatan tersebut dikemas dalam waktu hampir tiga pekan.

    Khusus penikmat keindahan lampion, Semarak Parade Lampion dilaksanakan pada akhir bulan april sekaligus menandai malam puncak pesta budaya Mappanretasi. Untuk tahun 2016 ini, SEMARAK PARADE LAMPION pelaksanaannya dijadwalkan pada hari sabtu malam, tanggal 23 April di Lapangan Sepak Bola 7 Februari Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir yang lokasinya berdekatan dengan Objek wisata bahari Pantai Pagatan, acara dimulai pukul 19.00 WITA hingga selesai. Keindahan ribuan lampion yang terbang dilangit memang tiada duanya, sungguh sayang apabila moment yang hanya ada satu tahun sekali ini dilewatkan…… Ayoo datang ke TANAH BUMBU (VISIT TANAH BUMBU 2016). *(JH/BNews)

     ** Pemrakarsa Event Semarak Parade Lampion di Kab. Tanah Bumbu :

    1.      Event ideas : Wilda C. N bersama Team

    2.      Event Concept : Emer Se’ib bersama Team

    3.      Event Executing / Pelaksana Semarak Parade Lampion Tahun 2015 & 2016 : Yayasan Catur Mandiri

    4.      Design Grafis : Three R.