Pasar Rakyat Karbin Diresmikan

    0
    14

     

    Kepala Dinas Disperindagkop Prov Kalsel, Hj. Faridahmemberi sambutan sebelum peresmian pasar rakyat Desa Karang Bintang. (FOTO:win/hum)

    KARANG BINTANG, BalarindangNews.comSaudara, selasa (5/4) pagi tadi, Pasar Rakyat Karang Bintang (Karbin) diresmikan.Peresmian gedung baru tersebut dilakukan langsung oleh Hj. Faridah selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindagkop) Propinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

    Dalam peresmian pasar tersebut Hj. Faridah mengatakan, “Dengan diresmikannya pasar tradisional ini, dapat dijadikan pusat perputaran roda perekonomian masyarakat dan mampu menunjang ekonomi masyarakat setempat,” katanya

    Peresmian juga di hadiri unsur SKPD terkait, diantaranya Andi Asdar selaku Kepala Dinas Prindagkop Koperasi dan UKM, Ir. Supiani selaku Kepala Dinas Tata Bangunan Dan Kebersihan, serta Drs. Anwar Salujang selaku Kepala Dinas Pasar. Pasar seluas 8000 m2 terdiri dari 4 los pasar,yaitu los kain, los ikan, los sembako serta los barang konveksi.Pembangunan pasar berasal dari Kementrian Perdangan RI dengan Pemkab Tanbu melalui Dana Alokasi Khusus Sarana Distribusi Perdangan Tahun 2015.

    Sementara itu, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir. H. Ridwan menyampaikan,dilihat dari sumber daya alam yang tersedia, masyarakat kecamatan Karang Bintang lebih  banyak bergantung pada sektor perkebunan yang menjadi pendorong usaha ekonomi masyarakat setempat pada skala mikro,” kata H. Ridwan.

    Diharapkan melalui pasar tradisional pertumbuhan ekonomi di skala mikro juga berdampak pada pertumbuhan Koperasi yang benar benar efektif dalam menunjang  permodalan pelaku usaha setempat. Selain itu pihak pengelola dan pedagang juga dapat menjaga dengan baik dan lebih memperhatikan segi fungsi serta kebersihannya.*(JH/hum)