Tanbu Berpotensi Menjadi Wisata Unggulan

    0
    6

     

    Bupati Tanbu Mardani H. Maming menyampaikan sambutan pada puncak peringatan HUT Tanbu ke13 tahun 2016. (FOTO:dd/hum)

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Dengan segala keindahan dan keunikan yang dimiliki, Kab Tanah Bumbu (Tanbu) berpotensi menjadi daerah tujuan wisataunggulan di Kalsel. Oleh karenanya, pemerintah daerah akan mengembangkan objek wisata sebagai upaya meningkatkan perekonomian,sektor pariwisata sangat berpotensi untuk dikembangkan guna meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Mardani H. Maming pada peringatan HUT Kab. Tanbu ke-13, Jum’at (8/4) kemarin.

    Berbagai potensi wisata yang ada di Tanbu tidak kalah dengan objek wisata yang ada di pulau jawa maupun objek wisata yang ada di Indonesia Timur. Tinggal bagaimana pemerintah Tanbu mau mengemas dan menjadikan objek wisata tersebut sebaik-baiknya sehingga mampu menarik wisatawan dari luar daerah.

    Sebagai upaya dalam mewujudkan hal tersebut, pemerintah daerah akan mensinergikan program yang ada di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) guna membangun sarana dan prasarana penunjang seperti pembangunan jalan menuju ke lokasi objek wisata maupun sarana penginapannya.Pembangunan kedepan kita arahkan pada sektor pariwisata, karena sektor pariwisata berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat dan pendapatan asli daerah,” jelas Mardani.

    Objek wisata yang sudah terdata dan berpotensi untuk dikembangkan yaitu objek wisata Pantai Sungai Cuka di Kecamatan Satui yang dikenal dengan Objek Wisata Batu Buaya. Objek wisata tersebut akan di launching pada tahun 2017 dan akan diperkenalkan kepada masyarakat luas. Sebagai langkah lanjutan mengenalkan objek wisata tersebut yaitu dengan gencarnya promosi dan menjual keindahan pantai tersebut. 

    Selain, Pantai Sungai Cuka, yang menjadi unggulan lainnya yaitu pantai rindu alam yang menjadi tempat rekreasi favorite keluarga pada saat akhir pekan. Kemudian wisata budaya,  pesta laut Mappanretasi yang menjadi andalan Tambu setiap tahunnya, serta objek wisata pulau salak yang ramai dikunjungi pada saat tahun baru, wisata alam gunung penyesalan yang terkenal dengan keindahan air terjunnya, wisata alam goa liang bangkai yang menjadi favorite bagi para pecinta alam, dan juga wisata alam air terjun di KM 30 Mantewe yang baru saja ditemukan.

    Banyaknya objek wisata di Tanbu yang kedepannya akan dikemas dengan sebaik-baiknya melalui event-event yang digelar sehingga nanti objek wisata tersebut dikenal oleh masyarakat luar daerah Tanah Bumbu.

    Mardani mengatakan, “saya ingin setiap satu bulannya dalam satu tahun ada agenda pariwisata, misal di bulan januari fokus di Pantai Rindu Alam, bulan Februari ada event di Objek wisata pantai angsana, dan lainnyahingga akhir tahun ada event yang digelar dan diingat masyarakat,” harap Mardani. 

    Dengan demikian, untuk mewujudkan Kab Tanbu menjadi daerah yang memiliki wisata unggulan tentunya pemerintah daerah perlu mendapat dukungan dari semua pihak. Baik itu dalam hal anggaran, maupun dukungan dari pemerintah propinsi Kalimantan selatan dalam hal promosi dan lainnya. *(JH/relhum)