Cegah Menyebarnya Flu Burung Melalui Deteksi Dini

    0
    17

     

    FOTO:ilustrasi flu burung/tabloidjubi.cpm/net

    BATULICIN,BalarindangNews.com Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanpanak) Tanah Bumbu (Tanbu) terus mengupayakan tindakan mengantisipasi menyebarnya flu burung, baik melalui sosialisasi dan mendeteksi secara diniterhadap hewan ternak dan pedagang unggas setempat.Sosialisasi dan deteksi dini tersebut bertujuan untuk mengantisipasi agar virus flu burung tidak memasuki dan menyebar di wilayah Tanbu,” kata Abdul Karim selaku Kepala Distanpanak, Rabu (13/4) kemarin, di Batulicin.

    Sosialisasi dan deteksi dini penyebaran virus flu burung di Tanbu dilaksanakan sejak tanggal 27 Maret sampai 27 Mei 2016 dengan melibatkan petugas dari Distanpanak Tanah Bumbu, Dinas Kesehatan Tanbu dan Balai Veteriner Banjarbaru. Hal tersebut dilakukan mengingat banyaknya dampak buruk yang terjadi apabila virus flu burung tidak ditangani secara serius.

    Distanpanak menghimbau kepada peternak agar melakukan biosecurity dan menjaga kebersihan kandang dan lingkungan sekitarnya. Berbagai langkah dilakukan guna mengantisipasi dan mencegah menyebarnya virus flu burung pada unggus dengan cara pemberian cairan disinfektan gratis kepada peternak.

    Selain itu, peternak juga dihimbau, jika ada gejala unggas yang terserang flu burung diharapkan peternak segera melapor kepada petugas medis dan para medis veteriner terdekat dan mau melakukan upaya penanggulangan dini dan apabila ada unggas yang mati  langsung dibakar sehingga penyebaran virus ke unggas yang sehat dapat dicegah.

    Abdul Karim menambahkan, “langkah lainnya untuk mengantisipasi masuknya penyebaran virus flu burung ke Tanah Bumbu yaitu dengan memaksimalkan petugas cek point di Kecamatan Satui, Kecamatan Simpang Empat dan Kecamatan Mantewe untuk mengawasi lalu lintas unggas di Tanah Bumbu,” paparnya.*(JH/relhum)