Sedikitnya 20 Gapoktan Terima Bantuan Alsintan

    0
    13

     

    Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor mengecek kualitas alat mesin pertanian yang akan diserahkan kepada kelompok tani. (FOTO:win/hum)

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Sedikitnya 20  Gabungan kelompok Tani (Gapoktan) di Kabupaten Tanah Bumbu, Rabu (13/4) kemarin mendapat bantuan Alat mesin pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan dilakukan langsung oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu, H. Sudian Noor, di halaman kantor Distanpanak, kawasan Jalan Dharma Praja Gunung Tinggi.

    Pemberian bantuan Alsintan bersumber dari dana APBN tahun 2016.  Hal tersebut dilakukan bertujuan untuk membantu para petani dalam menunjang produktifitas pertanian yang lebih signifikan, sehingga memberi dampak dalam peningkatan kesejahteraan petani.

    Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanpanak) Tanbu Drs. Abdul Karim meminta kepada para petani yang menerima bantuan alsintan, agar menggunakan dan memelihara sebaik-baiknya alat mesin pertanian tersebut dalam rangka mempermudah produksi hasil pertanian, “kepada semua kelompok tani agar memelihara secara baik alat pertanian yang telah diberikan, lebih ditekankan adalah alat itu harus ditempatkan pada posisi teduh,” pinta Abdul Karim.

    Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor menyerahkan Bantuan Alsintan kepada perwakilan Gapoktan. (FOTO:win/hum)

    Berbagai jenis mesin pertanian diberikan berdasarkan dengan kebutuhan semua kelompok tani. Baik penunjang sarana pasca panen maupun penunjang pra panen. Masing-masing Gapoktan akan mendapatkan 1 unit Alsintan, diantaranya adalah  4 unit  combine harvester besar . Mesin ini dipergunakan untuk pemanen padi dengan kapasitas 3 jam perhektar, mesin tersebut memiliki susut hasil dalam proses panen sebesar 0,7%.

    Selain mesin pemanen, Gapoktan juga mendapatkan Con Sheller  sebanyak 10 unit yang terbagi dalam 10 kelompok. Chon Sheller merupakan mesin yang dipergunakan untuk pemipil jagung dengan kapasitas 2 ton dalam per jam. Bantuan lain yang diberikan adalah kendaraan roda tiga sebagai sarana pengangkut hasil pertanian, serta traktor roda dua dan traktor roda empat.

    “Sebagai penunjang pasca panen lainnya Gapoktan juga diberikan sarana pengangkut pertanian berupa kendaraan roda tiga sebanyak 2 unit, berupa  Traktor roda 2 dan Traktor roda 4,” jelas Abdul Karim.*(JH/relhum)