Beraneka Ragamnya Budaya Dukung Kemajuan Pariwisata Tanbu

    0
    22

     

    Kepala Disporbudpar, Drs. H.M. Thaha menilai sumber daya budaya merupakan pendorong kemajuan pariwisata di kabupaten Tanah Bumbu. (FOTO:win/hum)

    BATULICIN, BalarindangNews.com Sumber Daya Budaya merupakan pendorong kemajuan pariwisata. Oleh karena itu, upaya mengemas budaya Tanah Bumbu (Tanbu) menjadi wisata diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi, “sumber daya budaya memiliki peran yang penting dalam pengembangan pariwisata untuk mendukung percepatan dan pertumbuhan ekonomi di Tanbu” kata Drs. H.M. Thaha selaku Kepala Disporbudpar, Kamis (14/4), dalam acara jumpa pers bersama awak media di Batulicin.

    Sektor pariwisata adalah produk yang tidak akan terjadi bila marketnya tidak ketemu, kerena itu yang mengantarkan pembeli kepada market tidak lain adalah sumber daya Budaya yang harus ditonjolkan.Majunya pariwisata kerena kita telah menjual daya tarik budaya yang ada ditempat kita, kalau budaya itu unik dimata masyarakat luar, maka dengan sendirinya pariwisata ditempat kita akan terus diminati,” papar Thaha.

    Melihat potensi budaya yang ada, Tanah Bumbu memiliki keanekaragaman budaya yang berbeda dari daerah lain, berbagai suku yang sudah lama menetap hingga keberadaan budayanya sudah berakulturasi dengan masyarakat setempat, sehingga budaya yang mereka miliki sudah menjadi kebanggaanseluruh masyarakat Tanah Bumbu.

    Dengan demikian, beraneka ragamnya budaya yang ada di Tanah Bumbu perlu dilakukan pengelolaan dengan baik, sehingga keunikan budaya tersebut dapat dijaga dan dilestarikan yang berdampak pada daya jual dalam sektor pariwisata. Dengan adanya media melalui perannya dalam memberikan informasi kepada masyarakat luas, diharapkan pariwisata yang ada di Tanah Bumbu diminati oleh wisatawan, baik local maupun internasional.

    Drs. H.M. Thaha mengatakan, “pariwisata dan peran budaya saling berkaitan erat, maka disinilah peran media untuk membantu pemerintah daerah secara  berkesinambungan dalam  mempromosikan keberadaan budaya itu sehingga pariwisata  Tanah Bumbu dapat di kenal secara luas,” katanya.

    Disisi lain, pemerintah daerah juga akan terus berupaya menambah infrastruktur penunjangnya, diantaranya adalah sarana prasarana wisata, perhotelan dan transportasi yang memadai. Sehingga target yang diharapkan untuk meningkatkan pendapatamn asli daerah dari sector pariwisata dapat tercapai. *(JH/hum)