Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Tanbu Buka Jalur Penerbangan Baru

    0
    3

     

    Bupati Tanbu Mardani H. Maming bersama Gubernur Kalsel H. Sahbirun Noor. (FOTO:win/hum)

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Pemerintah daerah Kab Tanah Bumbu (Tanbu) berupaya meningkatkan sektor pariwisata dengan mempermudah akses wisatawan untuk mengunjungi berbagai objek wisata di Bumi Bersujud melalui wacana membuka jalur penerbangan Bali-Batulicin, “dengan terbukanya jalur penerbangan akan  mendorong pertumbuhan di sektor pariwisata yang ada di Tanah Bumbu,” kata Bupati Tanbu Mardani H. Maming, Sabtu (30/4) kemarin di Batulicin.

    Maskapai yang akan digunakan dalam penerbangan jalur Bali-Batulicin tersebut adalah Wings Air. Bali merupakan salah satu pariwisata yang terbesar di indonesia, bahkan sudah di kenal di berbagai mancanegara.Besarnya tingkat kunjungan wisata di Bali  itu tidak menutup kemungkinan bisa di arahkan ke obyek wisata yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

    Menurut Mardani, dengan hadirnya jalur penerbangan BaliBatulicin maka dengan sendirinya usaha paket wisata yang di Bali juga menyediakan kunjungan wisata ke Tanah Bumbu, sebab banyaknya kunjungan wisata dari luar tergantung dari akses penerbangan, kalau jalur penerbangan itu di tambah, dengan serta merta akan memacu berkembangnya  beberapa obyek wisata Tanah Bumbu,”paparnya.

    Selain jalur penerbangan Bali-Batulicin, beberapa penerbangan yang wacananya juga akan dibuka adalah jalur BatulicinSurabaya dan Batulicin-Makassar. Jalur Batulicin dan Surabaya maupun Makassar telah memiliki historis sendiri, salah satu alasan dibukanya jalur tersebut karena barang yang masuk ke Tanbu lebih banyak dari kota Surabaya, dengan hadirnya jalur penerbangan itu, para pedagang lebih hemat ke Surabaya melalui Bandara Batulicin tanpa transit ke Bandara Samsudin Noor Banjarmasin.

    Mardani juga menjelaskan, “sudah tidak asing bahwa warga di sini juga banyak  di huni oleh orang Sulawesi, maka warga Sulawesi akan lebih mudah melalui jalur Bandara di Batulicin tanpa harus naik kapal yang cukup memakan waktu menuju Makassar,” terangnya.

    Dengan terbukanya jalur tersebut akan membuka akses kunjungan wisata yang lebih signifikan. Tidak hanya pada sector pariwisata saja, namun bertambahnya kunjungan wisata itu juga memicu pertumbuhan ekonomi masyarakat Tanbu. Adanya akses penerbangan yang memadai maka dapat dipastikan kunjungan wisata juga akan meningkat, sehingga dengan sendirinya sektor ekonomi juga akan mengalami kemajuan.*(JH/humas)