Sedikitnya 144 TPD Terima SK Bupati

    0
    9

     

    Wabup Tanah Bumbu H. Sudian Noor menyerahkan secara simbolis SK Bupati Tanah Bumbu tentang Penetapan Tenaga Pendamping Desa di Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2016.(FOTO:dd/hum)

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Sedikitnya 144 orang yang direkrut menjadi Tenaga Pendamping (TDP) melalui  Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Tanah Bumbu (Tanbu) menerima SK Bupati. Penyerahan SK Bupati dilakukan secara simbolis oleh Wakil Bupati Tanbu H. Sudian Noor di Gunung Tinggi, Rabu (11/4) kemarin.

    Dikeluarkannya SK Bupati Tanah Bumbu Nomor 188.45 / 1 / BPMPD / 2016 Tentang Penetapan Tenaga Pendamping Desa di Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2016 tersebut sebagai upaya pemerintah daerah dalam rangka mempercepat pembangunan di desa. TPD tersebut  ditempatkan di desa dengan tugas untuk mendampingi desa dalam hal penyelenggaraan pemerintahan di desa, khususnya dalam mengelola dana program Satu Desa Satu Milyar agar berjalan dengan baik, efektif, transparan, dan akuntabel.

    Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Tanbu, Suwigno mengatakan, “selain pengadministrasian di Desa, TPD juga bertugas untuk  meningkatkan pembangunan dan meningkatkan ekonomi di desa,” katanya.

    TDP memiliki tugas pokok, diantaranya membantu  menyusun profil desa, RPJMDes dan RKPDes, serta membantu pemerintah desa dalam hal pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan desa (Musrembangdes).

    Selain itu, TDP juga memiliki wewenang untuk melakukan survey dan pengumpulan data pendukung usulan pembangunan, memfasilitasi tersusunya Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan desain tekhnis pembangunan fisik dan non fisik di desa, memfasilitasi tersusunnya buku administrasi desa, melakukan pendampingan dalam pemeliharaan dan pengembangan aset pembangunan program daerah Satu Desa Satu Milyar dan program lainnya. *(JH/relhum)