Tanbu Ciptakan Lingkungan Hijau di Perkantoran

    0
    22

     

    Bupati Tanbu Mardani H. Maming (kiri) dan Wabup Tanbu H. Sudian Noor (kanan) saat menanam pohon dalam rangka penghijauan lingkungan perkantoran di Halaman Kantor Mapolres Tanbu.(FOTO:dd/hum)

    BATULICIN, BalarindangNews.com–Musim hujan yang hampir berakhir dimanfaatkan jajaran Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) bersama satuan polisi setempat untuk melakukan program penanaman pohon. Sedikitnya 575 bibit pohon ditanam di kawasan perkantoran Polres Tanbu, Jumat (13/5) pagi tadi.

    Kegiatan penanaman pohon dihadiri langsung oleh Bupati Tanbu Mardani H. Maming bersama Wakil Bupati H. Sudian Noor, serta Sekretaris Daerah Tanbu, Drs. Said Akhmad. Kapolres Tanbu, AKBP Kus Subiantoro, SIK bersama seluruh jajaran perwira dari satuan Polres juga turun langsung melakukan penanaman pohon. Selain itu, penanaman pohon juga melibatkan ratusan petugas kebersihan dan pasukan pemadam kebakaran.

    Jenis pohon yang ditanam dalam program penanaman pohon kali ini diantaranya jenis Trambesi, Tanjung, Mahoni, Asam Jawa, Meranti, dan Durian Merah. Penanaman pohon dilaksanakan bersama-sama dalam rangka memanfaatkan musim hujan yang diprediksi akan segera berakhir pada Juni 2016.

    Penandatanganan Mou Penghijauan Lingkungan oleh Kapolres Tanbu AKBP Kus Subiantoro SIK dan Kadishutbun Tanbu Hanif Faisal disaksikan oleh Bupati Tanbu Mardani H Maming.(FOTO:dd/hum)

    Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Tanbu, Hanif Faisol Nurofig, S.Hut., MP mengatakan, “mumpung masih musim hujan. Kami coba menanam pohon, sebelum musim hujan berakhir pada bulan Juni,” kata Hanif.

    Bupati Tanbu Mardani H maming menyerahkan kunci kendaraan pengangkut sampah roda dua kepada Kapolres Tanbu AKBP Kus Subiantoro SIK. (FOTO:dd/hum)

    Kegiatan penanaman pohon juga dirangkai dengan penyuluhan manfaat pohon bagi kehidupan manusia yang disampaikan oleh Kepala Dishutbun Tanbu Hanif Faisol. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan MoU Penghijauan Lingkungan antara Pemkab Tanbu dan Polres Tanbu, Penyerahan bantuan satu set pakaian kebersihan untuk 300 tenaga kebersihan di Kecamatan Simpang Empat dan Kecamatan Kusan Hilir, serta penyerahan satu unit kendaraan pengangkut sampah roda dua untuk Polres Tanbu dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan Tanbu.

    Hanif menambahkan kegiatan penanaman pohon ini juga merupakan kegiatan kemitraan antara Pemkab Tanbu dengan Polres Tanbu dalam rangka penghijauan di Lingkungan Perkantoran. “Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Dishutbun Tanbu dalam upaya penghijauan lingkungan,” katanya.

    Sedangkan mengenai kegiatan penghijauan, Dishutbun Tanbu juga telah melakanakan kegiatan menanam pohon di sebelas sekolah tingkat SMA dan SMP, serta penanam pohon di lingkungan Kejaksaan Negeri Batulicin. Kegiatan menanam pohon dianggap memiliki beberapa fungsi yang diantara dapat memperkaya ketersediaan makanan bagi makhluk hidup.

    Perlunya menggiatkan kegiatan penanaman pohon karena dengan pohon yang tumbuh subur memiliki banyak manfaat, diantaranya yaitu menyerap panas, menjaga kesuburan tanah, menjaga kelembaban, mereduksi kecepatan angin, dan mereduksi pencemaran udara. Gerakan penghijauan melalui penanaman pohon merupakan kegiatan yang sudah dilakukan oleh Polres Tanbu dengan membuat taman di halaman Mapolres Tanbu, sekaligus sebagai upaya melaksanakan Revolusi Mental yang menjadi program pemerintah.*(JH/hum)