Penilaian Lomba Desa Utamakan Pelayanan dan Kesejahteraan di Masyarakat

    0
    11

     

    Wakil Bupati Tanbu H. Sudian Noor mendampingi rombongan tim penilai Lomba Desa / Kelurahan Tingkat Propinsi Kalsel mengunjungi Desa Mekar Jaya Kec. Angsana. (FOTO:dd/hum)

    ANGSANA, BalarindangNews.com-Rombongan tim penilai lomba desa tingkat provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Selasa (17/5) melakukan kunjungan ke Desa Mekar Jaya,Kec. Angsana, Kab. Tanah Bumbu (Tanbu) dalam rangka penilaian lomba desa. Wakil Bupati Tanbu Sudian Noor antusias dan turut mendampingi tim melakukan penilaian dengan harapan dapat memperoleh juara.

    Penilaian lomba desa, merupakan bentuk pembinaan dan pengawasan secara rutin kepada masyarakat desa sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negri Nomor: 13 tahun 2007 tentang pedoman penyelenggaraan perlombaan desa dan kelurahan. Upaya ini dimaksudkan untuk memberikan motivasi dan mendidik masyarakat desa agar lebih memiliki semangat dalam membangun desanya yang berbasis azaz nilai-nilai kegotongroyongan.

    Sudian Noor mengatakan, “suatu kebahagiaan bagi kami dapat bertemu dan bersilaturahmi dengan masyarakat Desa Mekar Jaya. Semoga Desa ini bisa meraih peringkat satu atau juara pertama dalam pelaksanaan penilaian lomba desa tingkat provinsi 2016,” katanya.

    Selain itu, diharapkan proses penilaian lomba desa tingkat provinsi dapat dilakukan secara obyektif. Jika nantinya ditemukan adanya hal-hal yang positif terkait pelaksanaan program desa, hendaknya diangkat ke permukaaan agar menjadi contoh bagi desa yang lain.

    Sementara itu, Ketua tim penilai lomba desa tingkat provinsiKalsel, Drs Najamudin Noor,M.AP menyatakan penilaian lomba desa adalah upaya untuk mengetahui sejauh mana program kerja pemerintah desa berhasil dilaksanakan. Tidak kurang dari sekitar 29 kategori hal-hal penting yang akan dinilai dalam proses penilaian lomba desa. Program kegiatan di desa harus mencakup berbagai bidang guna mendorong peningkatan pelayanan dan kesejahteraan bagi masyarakat desa. *(JH/relhum)