Optimalkan Pelayanan Tanbu Mewujudkan PNS Profesional

    0
    26

     

    Asisten Bidang Administrasi Umum, Mukhlis, SH saat membuka Bimtek Evaluasi Jabatan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2016.(FOTO:dd/hum)

    BATULICIN, BalarindangNews.com–Dalam rangka menciptakan pegawai yang handal dan professional, Senin (30/5) kemarin, Bagian Organisasi Setda Tanbu menggelar Bimbingan Tekhnis Evaluasi Jabatan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2016, di Aula Sekretariat PKK Tanbu, Simpang Empat.

    Bupati Tanbu Mardani H. Maming dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Bidang Administrasi Umum Mukhlis, S.H. menyampaikan, Bimbingan Teknis tersebut bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan PNS. “Bimtek merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk menjadikan PNS yang Profesional dengan harapan terwujudnya  tata kelola pemerintahan yang bersih, bebas KKN, dan terselenggaranya pelayanan public secara optimal,” katanya.

    Mukhlis juga menambahkan, “bimtek ini sangat penting untuk menambah pengetahuan dan wawasan PNS. Diharapkann peserta yang mengikuti bimtek tidak takut untuk bertanya kepada narasumber jika ada materi yang kurang dipahami,” tambahnya.

    Bimtek Evaluasi Jabatan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 30 Mei s/d 1 Juni 2016 dan diikuti oleh Pejabat dan staf yang membidangi urusan kepegawaian di masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Adapun materi Bimtek Evaluasi Jabatan meliputi dasar-dasar evaluasi jabatan, mekanisme penetapan nilai jabatan dan kelas jabatan, penyusunan faktor evaluasi jabatan, penyusunan hasil evaluasi jabatan, simulasi, seminar, dan evaluasi dengan Narasumber yaitu dari Biro Organisasi Setda Provinsi Kalimantan Selatan.

    Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi Setda Tanbu M. Yuseri melalui Kasubag Evaluasi Jabatan Abdul Malik menyampaikan, tujuan umum dari digelarnya bimtek kali ini ialah untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan bagi Pegawai di lingkungan pemerintah daerah utamanya dalam hal memahami substabsi evaluasi jabatan, memahami tekhnik penyusunan evaluasi jabatan, serta menyusun evaluasi jabatan pada masing-masing SKPD serta mensosialisasikan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 34 Tahun 2011 dan Peraturan Kepala BKN nomor 21 tahun 2011 tentang Pedoman Evaluasi Jabatan.

    Dengan terlaksananya Bimtek Evaluasi Jabatan, diharapkan para peserta dapat terlibat aktif dalam rangka penentuan nilai dan kelas jabatan sebagai dasar dalam perencanaan bidang kepegawaian, sekaligus sebagai sarana bagi pejabat Pembina Kepegawaian baik pusat maupun daerah untuk mrngimplmentasikan UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan UU No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.*(JH/relhum)