Akses Tol Dukung Perkembangan Kawasan Industri

    0
    20

     

    Bupati Tanbu Mardani H. Maming bersama Bupati Tulungagung Sahri Mulyo.(FOTO:win/hum)

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Pemerintah Kab. Tanah Bumbu (Tanbu) mendukung penuh   terobosan pemerintah Prov Kalsel terkait rencana pembangunan jalan tol Batulicin-Banjarbaru  sepanjang 160 kilometer karena dapat mengefisiensi waktu. “Jalan tol sepanjang 160 Km ini akan menghemat waktu perjalanan lebih dari 2 jam lebih,” kata Bupati Tanbu, Mardani H. Maming, dalam acara ramah tamah menyambut Bupati Tulungagung, Rabu (1/6) malam, di Batulicin.

    Melihat dari dampak positifnya, realisasi jalan tol tersebut akan selaras dengan konsep  pengembangan kawasan industri  yang sudah dicanangkan pemerintah daerah. Meski demikian, pengembangan kawasan industri lanjutnya akan disinergikan dengan rencana kota pelabuhan. 

    Apabila segera terealisasi, jalan tol bisa dijadikan sebuah alternatif dalam pendistribusian barang yang selama ini diangkut dari pelabuhan Banjarmasin menuju beberapa kabupaten lainnya serta dapat mempermudah dan mempercepat akses dari Batulicin menuju Banjarmasin. “Jika biasanya dari  Batulicin menuju Banjarmasin memerlukan waktu lima jam lebih, dengan adanya tol ini, masyarakat hanya perlu waktu 2 jam lebih  untuk sampai di Banjarmasin,” jelas Mardani.

    Dari segi geografis, letak Kota Batulicin sebagai ibu kota Kab. Tanah Bumbu yang berdekatan dengan 3 (tiga) kabupaten yang ada di Kalimantan Selatan juga akan mempermudah mendistribusikan barang dan menghemat waktu, “selama ini arus barang lebih banyak di bongkar melalui Banjarmasin, kadang kapal  dari Surabaya  5 hari kemudian baru bongkar barang,  kalau  jalan tol dan infrastruktur pelabuhan Batulicin sudah  tersedia maka akan menghemat waktu distribusi barang menuju beberapa kabupaten,” jelasnya.*(JH/humas)