Wabup Tanbu Jenguk Warganya yang Sakit

    0
    21

     

    Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor menyerahkan santunan pengobatan kepada warganya yang sakit.(FOTO:win/hum)

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Riduan (6) putra tunggal dari Abdul Gafur warga Desa Bersujud Gang Mangga II, RT 14 Kec Simpang Empat, Tanah Bumbu (Tanbu) penderita tumor kepala,  Senin (20/6) malam dijenguk oleh Wakil Bupati Tanbu H. Sudian Noor bersama petugas dari Dinas Kesehatan Tanbu H. Rahman, dan Staff Khusus Bidang Kesehatan H. Ardiansyah serta sejumlah petugas medis lainnya.

    Kunjungan tersebut dilakukan setelah mendapat informasi dari media sosial, tentang adanya pasien tumor yang perlu mendapat perhatian dan penanganan serius secara medis. Selain mengunjungi Riduan, Wakil Bupati dan Rombongan juga mengunjungi tempat tinggal Nanang (45) untuk memberikan santunan. Nanang yang merupakan paman dari Riduan memiliki nasib yang tidak jauh berbeda, sudah dua bulan terakhir ini tidak bisa melakukan aktifitas seperti biasanya, hanya tergeletak dipembaringannya lantaran penyakit paru komplikasi yang ia derita tak kunjung membaik.

    Wakil Bupati Tanbu H. Sudian Noor meminta kepada tim kesehatan untuk lebih meningkatkan penanganan kepada pasien yang tidak memiliki biaya untuk pengobatan, agar pasien dapat tertolong dan mendapatkan pelayanan medis lebih dini. “Tolong tangani ini dengan benar, saya minta laporan penanganannya setiap waktu dan terus update,” pintanya.

    Sementara itu, Abdul Gafur ayah dari bocah penderita kanker menuturkan, pada usianya 6 bulan, Riduan sempat mendapatkan penanganan medis dari Puskesmas dan Rumah  Sakit di Tanah Bumbu hingga kemudian ditangani pra operasi di Banjarmasin. Namun lantaran kesibukan untuk mencari nafkah, serta minimnya biaya diluar operasi saat itu, mengharuskannya menunda pelaksanaan operasi. Selain itu, faktor lain kondisi Riduan yang sangat lemah dan mengidap sakit batuk yang cukup lama, maka oleh dokter di RSUD Ulin menyarankan untuk dibawa pulang.

    Menanggapi hal tersebut, Wabup pun meminta kembali kepada Dinas Kesehatan agar juga mengupayakan pemenuhan kebutuhan pendamping pasien agar semua kegiatan perawatan operasi maupun pengobatan lainnya tidak terhambat

    Secara terpisah, H. Rahman petugas dari Dinas Kesehatan Tanbu mengatakan, “kejadian waktu itu bisa saja tidak terjadi jika orang tua pasien terus berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Tanbu, terkait segala bentuk permasalahan yang dihadapi pasien selama di rumah sakit Banjarmasin. “Untuk tempat tinggal pendamping pasien dipersiapkan mess, yang sangat dekat dengan Rumah Sakit Ulin saat berada di Banjarmasin, begitu juga untuk uang makan dipersiapkan dari Dinas Kesehatan,” kata H. Rahman.*(JH/win/hum)