Minimnya Perawatan, PJU Solar Cell Tak Berfungsi

    0
    3

    Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor mengunjungi Kahayani korban kebakaran di Pagatan yang didampingi oleh Nahrul, Camat Kusan Hilir. (FOTO:ES)

    PAGATAN,BalarindangNews.com-Dua jam pasca kebakaran dikawasan jalan A.Yani kelurahan kota Pagatan kec Kusan Hilir, Wakil Bupati Tanah Bumbu, H.Sudian Noor meninjau langsung lokasi kebakaran sekaligus bertemu dengan korban, kamis (7/7) malam tadi.

    Selain meninjau korban bencana kebakaran, beliau juga memperhatikan dan menindak tegas fasilitas umum yang tidak berfungsi disaat terjadinya kebakaran, terutama PJU (penerangan jalan umum) yang menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (solar cell).

    Wakil Bupati menindak tegas terhadap kurangnya perhatian terhadap lampu jalan yang selama ini masih dalam pemeliharaan, serta meminta agar lampu dapat segera diaktifkan guna membantu penerangan saat dalam keadaan darurat, seperti musibah kebakaran yang menyebabkan arus listrik terputus, “lampu jalan ini agar di aktifkan” tegas H.Sudian Noor.

    Diketahui anggaran pemeliharaan PJU yang menggunakan tenaga matahari berada di Dinas sosial. Lampu penerangan yang seharusnya dapat membantu, justru tidak dapat digunakan. Hal ini terbukti, saat terjadinya kebakaran sepanjang jalan A. Yani, lampu solar celi ini tidak aktif atau tidak berfungsi, sehingga warga yang mengalami musibah kesusahan untuk mendapatkan penerangan.

    Padahal PJU tersebut telah tersedia anggarannya untuk pemeliharaan. Beberapa warga juga mengeluhkan terhadap pemerintah terutama yang menangani PJU tersebut, “saat kebakaran ini kami sangat membutuhkan penerangan agar kami tidak kesuahan mengawasi barang barang yang kami ungsikan, ini gelap gulita lampu jalan tidak berfungsi,” keluh Totom salah seorang warga terkena bencana kebakaran.

    Perlu dipertanyakan, mengapa fasilitas umum yang seharusnya mampu memberi kenyamanan dan membantu penerangan bagi masyarakat justru tidak berfungsi. Jangan sampai hal tersebut menjadi pembiaran, terlebih jika memang lampu sollar cell tidak diaktifkan bahkan tidak berfungsi sebelum-sebelumnya.

    Setiap malam, petugas perlu melakukan pemantuan di setiap titik lokasi yang dipasangi lampu solar cell. Sebab, apabila hal tersebut dibiarkan, tidak akan menutup kemungkinan terjadi kecelakaan dan meningkatkan kriminalitas di daerah rawan kecelakaan akibat minimnya pengawasan dari pihak terkait.*(ES/BNews)