Sedikitnya 15 Anggota Baru Damkar Ikuti Pelatihan

    0
    7

     

    Sedikitnya 15 anggota baru damkar mengikuti pelatihan ketrampilan untuk meningkatkan ketrampilan.(FOTO:dd/hum)

    BATULICIN, BalarindangNews.com–Guna meningkatkan ketrampilan dalam mengatasi berbagai musibah kebakaran, Badan Penangulangan dan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) melatih anggota baru pemadam kebakaran. Sedikitnya 15 orang mengikuti pelatihan yang dilaksanakan selama  satu bulan di posko pemadam kebakaran di Kecamatan Simpang Empat.

    Menurut Kepala BPBD Tanbu Mariani melalui Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana, Abdul Rahim menyampaikan, pelatihan bagi anggota baru tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterampilan anggota damkar sehingga memiliki kemampuan khusus dalam hal penanggulangan bencana pada saat terjadi kebakaran, “dengan pelatihan yang diberikan kepada anggota baru tersebut diharapkan dapat lebih meningkatkan  pelayanan kepada masyarakat,” katanya, Kamis (14/7) kemarin.

    Dikatakan Abdul Rahim, dalam beberapa minggu terakhir ini, di Tanah Bumbu khususnya di Kecamatan Simpang Empat dan Kecamatan Kusan Hilir terjadi kebakaran sehingga kesiapsiagaan dan reaksi cepat dari petugas pemadam kebakaran dalam hal menghadapi musibah kebakaran harus cepat dan tangkas. Sehingga tidak sampai menimbulkan korban jiwa maupun korban harta yang dapat diminimalisir.

    Adapun materi pelatihan yang diberikan kepada anggota baru, sebut Abdul Rahim yaitu pelatihan baris-berbaris, latihan fisik, pengenalan alat pemadam, pencegahan bahaya kebakaran, cara memadamkan api, dan tekhnik menggunakan apar. Selain itu, materi lainnya yakni tekhnik pemadaman di perumahan, tekhnik pemadaman hutan dan lahan, serta tekhnik pendataan pasca kebakaran.*(JH/relhum)