Hj. Erwinda Raih Penghargaan BKB Terbaik

    0
    32

     

     

    Hj Yulinty Zairina Said Akhmad (atas, baris ketiga dari kanan) mewakili Hj. Erwinda Mardani foto bersama usai menerima sertifikat penghargaan Pengelola Kelompok BKB Terbaik Provinsi Kalsel.(FOTO:dd/hum)

     

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) Hj. Erwinda Mardani sukses meraih penghargaan pengelolaan kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) terbaik tingkat Prov Kalsel 2016 dan menjadi salah satu daerah dengan kategori terbaik se-indonesia. Penghargaan diserahkan oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, Surya Chandra Surapaty kepada Hj. Erwinda Mardani yang diwakili oleh salah satu kader BKB, Hj. Yulinty Zairina Said Akhmad, Rabu (19/7) kemarin.

    Penghargaan pengelola kelompok BKB terbaik tingkat provinsi tersebut sebelumnya telah di umumkan pada saat pembukaan temu kader dan pengelola program Kependudukan dan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK) dalam Rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) di Jakarta. Selain terbaik di tingkat provinsi,  sistem pengelolaan BKB di kab Tanbu juga termasuk peringkat ke-21 daerah terbaik se-Indonesia. Kelompok BKB yang mendapat prestasi tingkat provinsi tersebut adalah Kelompok BKB Flamboyan di Desa Bulurejo Kecamatan Mantewe.

    Kepala Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BKP3A) Tanbu, Basuni mengatakan, “dengan prestasinya ini tentunya tidak hanya membawa harum nama kab Tanbu saja namun juga harum nama prov Kalsel di kancah Nasional,” kata Basuni.

    Jumlah BKB se-kabupaten saat ini mencapai 99 kelompok dengan berbagai kegiatannya antara lain melakukan penyuluhan, kunjungan ke rumah warga, melakukan rujukan, pengadminsitrasian KB dan lain-lain dengan sasaran keluarga yang memiliki pasangan usia subur.

    BKB merupakan program dari pemerintah dalam rangka pembinaan keluarga untuk mewujudkan tumbuh kembang anak balita secara optimal agar menjadi generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, dan berdaya saing tinggi. Program BKB bertujuan pula untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan serta keterampilan orang tua dalam mempersiapkan pendidikan anak serta untuk mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera.

    Secara terpisah, Ketua tim penggerak PKK, Hj Erwinda Mardani mengucapkan terimakasih kepada seluruh kader BKB dan Pengelola Kelompok BKB Kecamatan yang sudah bekerja keras melaksanakan pembinaan, “berkat kerja keras tersebut akhirnya saat ini Kabupaten Tanah Bumbu bisa meraih prestasi BKB terbaik ditingkat Provinsi maupun Nasional,” katanya. *(JH/relhum)