Tanbu Raih Juara di Festival Tari Kreasi Daerah

    0
    8

    Tim tari kab Tanbu berhasil meraih juara 2 dalam ajang Festival Tari Kreasi Daerah.( FOTO:win/hum)

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Saudara, prestasi budaya kembali diraih oleh Tim Tari kab Tanah Bumbu (Tanbu). Dalam ajang Festival Karya Tari Daerah Kalsel yang digelar di Taman Budaya Kalimantan Selatan, Sabtu malam  (23/07) kemarin, tim tari Tanbu berhasil meraih juara 2 serta mendapatkan trophy penyaji tari dan penata musik terbaik.

    Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya Dan Pariwisata (Disporbudpar) Kabupaten Tanah Bumbu Drs. H. Muhammad Thaha mengatakan, “tari yang di tampilkan berjudul Tari Kambaran  yang berisi tentang lagenda Batu Buaya,” katanya.

    Thaha juga menjelaskan, grup tari ini merupan bagian sanggar Seni Citra Luhur Budaya Banua (S2CLB2) yang merupakan binaan Disporbudpar Tanah Bumbu. “Sebelum ikut pergelaran, mereka  melakukan  latihan selama dua minggu dan Alhamdulillah berkat keseriusan berlatih kita harus puas dengan  mendapatkan juara dua se Kalimantan Selatan, ” katanya.

    Nantinya Tim Tari asal Tanah Bumbu akan berlanjut tampil pada kongres budaya Banjar se Nusantara ke IV 2016 bulan Agustus di Banjarmasin. Keikutsertaan tim Tari yang penuh prestasi ini tidak hanya tampil di tingkat Banua, “tim ini sudah sering tampil di berbagai ajang festival dalam lingkup  event nasional, salah satunya adalah Tari Bahinaman yang pernah  disuguhkan dihadapan Wapres RI Yusuf Kalla saat pembukaan APKASI di Jakarta beberapa waktu lalu hingga mendapatkan juara terbaik di tingkat nasional,” papar Thaha.

    Secara terpisah, Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming sangat  mengapresiasi berbagai deretan prestasi yang di raih Tim Tari asal daerah Tanah Bumbu. Kecintaannya pada seni budaya tidak lepas dari salah satu visi misinya guna mewujudkan kabupaten Tanah Bumbu sebagai daerah pariwisata menuju destinasi wisata indonesia.

    “Majunya Pariwisata di Kabupaten Tanah Bumbu tidak lepas dari kemajuan  seni   budaya itu sendiri. Kalau seni budaya itu maju tentu akan menjadi ikon daerah tersendiri sehingga bisa  dikenal masyarakat  luar, dan  lambat laun pariwisata kita akan mampu  sejajar  dengan daerah lainnya,” kata Mardani dalam berbagai sambutan event budaya.*(JH/hum)