Qori dan Qoriah Tanbu Ikuti Pelatihan Pengembangan Tilawatil Qur’an

    0
    13

    Diklat Pengembangan Tilawatil Qur’an diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan Qori/Qoriah Tanbu sehingga berprestasi baik di tingkat daerah maupun di tingkat nasional.(FOTO:dd/hum)

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Saudara, Selasa (26/7) kemarin,Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Tanbu dan Kementerian Agama (Kemenang) Tanbu melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pengembangan Tilawatil Quran, di Mahligai Bersujud, Kapet.

    Dalam kegitan tetsebut, sedikitnya 100 peserta terdiri dari Qori dan Qoriah se-Tanbu perwakilan dari masing-masing Kecamatan mengikuti pelatihan. Tujuan dari dilaksanakannya pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas qori dan qoriah.

    Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Tanbu, Hj. Noryana saat membuka Diklat Pengembangan Tilawatil Qur’an menyampaikan, “digelarnya diklat ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk memfasilitasi pengembangan Tilawatil Quran di Tanah Bumbu,” katanya.

    Nooryana juga menambahkan, kemampuan atau kualitas qori dan qoriah asal Tanah Bumbu tidak kalah dengan daerah lainnya di Provinsi Kalimantan Selatan. Hal tersebut dibuktikan dengan di ikutkannya qori asal Tanah Bumbu  untuk mewakili Kalimantan Selatan pada MTQ Nasional ke 26 yang digelar di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada bulan Juli-Agustus 2016. “Dua putera terbaik Tanah Bumbu  yang mengharumkan nama daerah tersebut yaitu M. Afdal dari Kecamatan Kusan Hulu untuk cabang Tartil Quran Putera dan Khairil Anwar dari Kecamatan Satui untuk cabang Khatil Quran Golongan Dekorasi Putera,” ujar Hj. Noryana.

    Diharapkan dengan terpilihnya dua orang putera terbaik Tanbu ke MTQ Nasional tersebut dapat memotivasi Qori/Qoriah lainnya di Tanbu untuk dapat berprestasi.*(JH/relhum)