Sedikitnya 74 Unit Hunian Program Bedah Rumah, Sukses Di Gelar

    0
    16

    Salah satu rumah warga yang telah di bedah agar layak huni.(FOTO:win/hum)

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Sedikitnya 74 unit rumah di beberapa wilayah kab Tanah Bumbu (Tanbu) selesai pengerjaannya dalam program bedah rumah yang dilaksanakan oleh TNI dari Kodim 1022  bersama pemerintah daerah. Hal tersebut merupakan bentuk kepedulian sosial terhadap masyarakat dalam hal pemenuhan hidup layak.

    Tercatat  bedah rumah yang sudah di kerjakan yakni di kecamatan Simpang Empat sejumlah 9 unit rumah, kecamatan Batulicin sejumlah  20 unit rumah, kecamatan Kusan Hulu  sejumlah 9 unit, kecamatan Kusan Hilir sejumlah   8 unit rumah,  kecamatan Sungai Loban  sejumlah 7 unit rumah, kecamatan Kusan Hulu sejumlah 10 unit rumah, kecamatan  Kuranji sejumlah 5 unit rumah, kecamatan Satui 13 unit rumah, kemudian kecamatan Angsana 2 unit rumah. Jdi total keseluruhan 74 unit rumah telah selesai pengerjaannya.

    Komandan Kodim 1022 Letkol Inf. Mustakim menyampaikan, proses pelaksanaan bedah rumah berlangsung selama 70 hari, “Alhamdullih  sejumlah   74 unit   rumah warga dengan kondisi  kurang layak huni itu berhasil di bangun  oleh jajaran TNI dan instansi Pemda terkait termasuk juga masyarakat setempat, yang  turut  serta melibatkan diri  sehingga proses pembangunannya sesuai pada target yang diharapkan,” katanya.

    Mustakim juga menjelaskan, “kegiatan ini merupakan sinergitas Pemkab Tanbu dan Kodim 1022  bernama  Karya Bhakti Swakelola Bedah Rumah 2016  yang tiada lain  bertujuan meningkatkan kehidupan sosial masyarakat lebih baik,  serta implementasi pembinaan teritorial TNI sebagai komponen pertahanan dalam  mewujudkan pilar dari kemanunggalan TNI dan Rakyat,” terangnya.

    Pihak Kodim 1022 juga sangat mengapresiasi secara  penuh atas prakarsa yang di lakukan Pemkab Tanah Bumbu sehingga kegiatan ini berjalan sesuai sasaran. Program ini sangat menyentuh nilai kemanusiaan dan sangat di butuhkan oleh masyarakat, kerena mana rumah hunian  termasuk 3 kebutuhan dasar pokok manusia, yakni sandang, pangan papan. “Kami berharap program ini terus berkelanjutan  kerena bagi  Kodim 1022 kegiatan ini dapat di jadikan sarana pembinaan Teritorial menuju kemananggulan TNI dan Rakyat,” tambah Mustakim.

    Secara terpisah, Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming turut menanggapi gelar Karya Bhakti Swakelola Bedah Rumah tersebut. Dirinya menilai aksi sosial ini merupakan bentuk  upaya Pemerintah Daerah dan pihak TNI guna meningkatan derajat hidup masyarakat  kelas bawah  yang  tidak memiliki rumah layak huni.

    Keperdulian ini perlu ada keterlibatan semua pihak. Disamping itu, TNI bersama Pemerintah Daerah  perlu adanya saling bahu membahu guna melaksanakan program pemerintah terkait program kesejahteraan sosial masyarakat berkelanjutan. “Sebelumnya kerjasama sudah kerap dilakukan,  ini tidak hanya dilakukan pihak Kodim 1022 Tanbu. Belum lama tadi Pemerintah Daerah juga turut bekerjasama dengan pihak Pangkalan TNI Angkatan Laut  Kotabaru Tanah Bumbu  dengan melakukan kegiatan serupa, sesuai sasaran pada masyarakat yang tidak mampu ,” terang Mardani.*(JH/hum)