Melalui Expo Kalsel 2016, Tanbu Kenalkan Produk Unggulan

    0
    17

    Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor bersama isteri saat melihat proses pembuatan kain tenun di stand Kab Tanbu yang ikut berpartisipasi memeriahkan Expo Kalsel 2016 dalam rangka memeriahkan HUT Kalsel ke 66 tahun.(FOTO:dd/hum)

    BANJARBARU, BalarindangNews.com-Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kalimantan Selatan ke 66 Tahun, pemerintah provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar pameran yang dikemas dalam Expo Kalsel 2016 yang berlangsung selama lima hari dari tanggal 5  – 9 Agustus 2016. Expo Kalsel 2016 dibuka langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor, Jum’at (6/8), di Lapangan Murjani Banjarbaru.

    Sedikitnya 214 stand peserta dari berbagai daerah yang terdiri dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Kalsel, SKPD Kabupaten/Kota se-Kalsel dan luar Kalsel, BUMN, BUMD, Perbankan, dan pihak swasta turut memeriahkan acara rutin tahunan tersebut.

    Pengunjung melihat cara pengolahan kain tenun pagatan di Stand Tanah Bumbu.(FOTO:dd/hum)

    Dalam kesempatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) membuka Stand di EXPO Kalimantan Selatan (EXPO Kalsel) 2016 dengan memamerkan serta mempromosikan bebagai produk unggulan daerah dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Produk-produk unggulan yang dipromosikan dalam stand tersebut diantaranya seperti Kain Tenun Khas Pagatan, Kerajinan Seni Ukir Berbahan Limbah Kayu Ulin, Kuliner Khas seperti Jepa, Keripik Pisang, Amplang Ikan Tenggiri, Pentol Ikan Tenggiri, serta Nugget Ikan Tenggiri.

    Stand Kabupaten Tanah Bumbu menjadi perhatian dari pengunjung EXPO Kalsel 2016 karena selain mempromosikan produk UKM, juga ditampilkan cara membuat Kain Tenun dengan menggunakan peralatan tenun tradisional. Sehingga para pengunjung dapat melihat dan belajar proses membuat kain khas dari Tanah Bumbu. Dalam stand hasil produk UKM Tanbu tersebut, para pengunjung juga bisa membeli produk-produk lokal khas daerah Tanbu yang di jual dengan harga terjangkau mulai dari Rp. 15.000 hingga jutaan rupiah.

    Selain mempromosikan produk unggulan sektor UKM, di Stand Tanbu juga menampilkan hasil-hasil pembangunan daerah yang sudah dilaksanakan dan akan dilaksanakan, promosi sektor pariwisata seperti wisata bahari pantai angsana dan wisata pesta laut mappanretasi pantai pagatan.

    Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UKM yang diwakili Kepala Bidang Perdagangan, Koperasi dan UKM, H. Ahmad Hariansyah menyampaikan, “Tanbu menampilkan berbagai produk unggulan daerah mulai dari UKM, promosi wisata, hasil-hasil pembangunan, serta kemudahan berinvestasi di Tanah Bumbu,” katanya.

    Dengan adanya expo berbagai produk unggulan tersebut, diharapkan kedepannya kabupaten Tanah Bumbu akan semakin dikenal luas dalam berbagai sektor. Serta, melalui wisata unggulannya dapat menarik minat masyarakat luas di dalam dan luar daerah bahkan internasional untuk berkunjung di Bumi Bersujud.*(JH/rel)