Pemkab Tanbu Tanggung Biaya Pengobatan Penderita Meningochele

    0
    13

    Ridwan (6 tahun), putera dari pasangan Gafur dan Khairiyah warga Desa Bersujud Kecamatan Simpang Empat yang menderita maningochele sedang di rawat di RSUD Ulin Banjarmasin.(FOTO:dd/hum)

    BATULICIN, BalarindangNews.com–Ridwan (6 tahun), putera dari pasangan Gafur dan Khairiyah warga Desa Bersujud Kecamatan Simpang Empat yang menderita benjolan di kepala atau Meningochele mendapat bantuan biaya pengobatan dari pemerintah daerah kab Tanbu. Hal tersebut sebagai bentuk kepedulian pemerintah dibidang kesehatan.

    Kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu, H. Damrah melalui Kepala Bidang Jaminan Sarana Kesehatan H. Rahman menyampaikan, kondisi penderita meningochele telah membaik setelah dilakukan prosedur pengobatan, “Saat ini kondisi anak tersebut sudah membaik setelah menjalani operasi di RSUD Ulin Banjarmasin selasa (2/8) kemarin,” kata H. Rahman di Batulicin, Rabu (3/8).

    Seluruh biaya pengobatan penderita benjolan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah daerah karena penderita penyakit tersebut merupakan warga yang termasuk dalam peserta Jamina  Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas). H. Rahman juga menambahkan, meski operasi yang dilakukan kepada ridwan telah selesai, namun pasien belum di izinkan untuk pulang ke Tanah Bumbu karena masih dalam masa perawatan pasca operasi. “Meski belum diperbolehkan pulang, tetapi kondisinya sehat dan mendapat pendampingan dari orang tuanya,” ujar H. Rahman.

    Ridwan mendapat bantuan pelayanan kesehatan dari Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu setelah sebelumnya mendapat kunjungan dari Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor. Saat berkunjung kerumah anak penderita benjolan di kepala, Wabup H. Sudian Noor yang mengajak jajaran Dinas Kesehatan Tanah Bumbu untuk ikut kroscek penyakit yang diderita ridwan. Selain itu, Wabup juga mengintruksikan kepada Dinas Kesehatan Tanbu untuk segera merujuknya  ke RSUD Ulin Banjarmasin untuk di layani pengobatannya hingga sembuh.*(JH/rel)