Sedikitnya 37 Anggota Paskibra Ikuti Pembekalan Kepemimpinan

    0
    14

    Sekretaris Daerah (Sekda) Tanbu Drs. H. Said Akhmad foto bersama dengan anggota Paskibra HUT ke 71 Republik Indonesia.(FOTO:dd/hum)

    BATULICIN, BalarindangNews.com–Sedikitnya 37 anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) HUT ke 71 Republik Indonesia (RI) mengikuti pembekalan kepemimpinan di Aula Sekretariat TP PKK Tanah Bumbu (Tanbu), Senin (8/8) malam. Pembekalan dengan materi Kepemimpinan yang Berintegritas tersebut dilakukan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tanbu Drs. H. Said Akhmad.

    Dalam kegiatan tersebut, Drs. H. Said Akhmad menyampaikan, anggota Paskibraka adalah siswa-siswi SMA, SMK, MA se- Tanbu yang sudah terseleksi. Pembekalan Kepemimpinan merupakan bagian dari Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bagi Anggota Paskibra. Selain pembekalan kepemimpinan, anggota Paskibraka juga mendapatkan pembekalan baris-berbaris, latihan fisik dan mental, serta pembekalan lainnya.

    Said Akhmad menambahkan, dengan berbagai macam pembekalan tersebut, menambah kedisiplinan, rasa tanggung jawab serta menumbuhkan rasa percaya diri bagi peserta Paskibra, “pembekalan diberikan kepada anggota Paskibra bertujuan untuk membentuk sikap, mental, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri,” kata Sekda.

    Sementara itu, dalam pemaparannya, Sekda juga menyampaikan berbagai ciri-ciri pemimpin yang berintegritas. Ciri-ciri pemimpin berintegritas yaitu, Memiliki karekter/akhlak yang baik, Memiliki wawasan kebangsaan, Memiliki kemampuan untuk mengembangkan organisasi, Memiliki kemampuan dalam menciptakan jejaring kerja internal dan eksternal, serta Komitmen dan memiliki kemauan yang kuat untuk mengembangkan organisasi. Selain itu, integritas adalah kesesuaian antara ucapan dan tindakan. Kemampuan untuk senantiasa memegang teguh prinsip-prinsip moral secara konsisten.*(JH/relhum)