Meriahkan HUT RI ke-71, Tanbu Gelar Karnaval Rona Kebangsaan

    0
    3

    Peserta Karnaval Rona Kebangsaan diikuti pelajar di kecamatan Kusan Hilir.(FOTO:dd/hum)

    PAGATAN, BalarindangNews.com–Sebagai upaya menanamkan semangat selalu cinta Tanah air dan menjalin rasa persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara serta melestarikan semangat Bhineka Tunggal Ika, Selasa (16/8) sore, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar Karnaval Rona Kebangsaan di Pagatan Kecamatan Kusan Hilir. Pelaksanaan kegiatan tersebut juga untuk memeriahkan  Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) Ke-71.

    Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Bidang Pemerintahan H.M. Idjra’i menyampakan, “Pemerintah menyambut baik dengan dilaksanakannya Karnaval Rona Kebangsaan yang bertujuan untuk memeriahkan HUT RI ke 71, sekaligus pula untuk menanamkan nilai-nilai budaya luhur warisan nenek moyang kepada generasi penerus bangsa,” kata Idjra’i.

    Masyarakat umum juga tak kalah antusias untuk menyaksikan karnaval Rona Kebangsaan yang baru pertama kali digelar di Tanbu.(FOTO:dd/hum)

    Dalam Karnaval Rona Kebangsaan yang mengambil tema “Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945 Kita Wujudkan Pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu Berbasis Pada Kearifan Lokal” tersebut, Sedikitnya diikuti oleh 73 peserta dari berbagai sekolah dan organisasi masyarakat se-Tanah Bumbu. Meski baru pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Tanah Bumbu, namun seluruh peserta nampak antusias mengikuti kegiatan hingga usai. Karnaval Rona Kebangsaan merupakan perlombaan barisan atau arak-arakan berjalan kaki menggunakan kostum yang menggambarkan adat dan budaya daerah baik lokal maupun nasional atau pakaian adat se-nusantara dan juga pakaian ala pejuang. Rencananya kegiatan tersebut akan rutin digelar setiap tahun guna menyemarakkan HUT RI.

    Kepala Kantor Kesbangpol Tanbu, Darmiadi mengatakan, “Karnaval Rona Kebangsaan akan kita jadikan agenda tahunan untuk memeriahkan HUT RI. Hal ini dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai budaya luhur warisan nenek moyang kepada generasi penerus dan juga menanamkan rasa hormat dan penghargaan yang tinggi terhadap jasa dan perjuangan para pahlawan,” terangnya.

    Peserta karnaval mengenakan  pakaian adat dan budaya dari berbagai daerah di Indonesia, ada pakaian adat banjar, pakaian adat bugis, pakaian adat bali, pakaian adat jawa, pakaian adat betawi, ada ondel-ondel, ada tari bali, ada tari banjar, ada pakaian ala pahlawan lengkap dengan senjata dan lainnya. Hal ini tentunya diharapkan dapat menanamkan semangat cinta tanah air dan menjalin rasa persatuan dalam berbangsa dan bernegara.*(JH/relhum)